Sejumlah Pemuda Melakukan Bersih - Bersih Di Sungai Yeh Empas Penebel

  • 24 Desember 2018
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 2656 Pengunjung
suaradewata

Tabanan, suaradewata.com - Berawal dari kegiatan iseng-iseng, sejumlah pemuda melakukan pembersihan di sungai Yeh Empas Banjar Gunung Desa Penebel, Kecamatan Penebel, Minggu, (23/12/2018).

Salah satu pemuda yang ikut melakukan pembersihan tersebut yakni I Gede Sinu Pradnyana yang disapa Gede Sleeper mengatakan pembersihan sungai Yeh Empas di Banjar Gunung Desa Penebel, Kecamatan Penebel tersebut merupakan gerakan Bakti Ring Pertiwi. Gerakan ini berawal dari kegiatan iseng dan akhirnya menjadi gerakan tersebut. 

"Kegiatan ini berawal dari kegiatan iseng iseng karena akan digunakan untuk sesi photo Selaksa Keris, dan pembersihan di sungai ini sebagai bentuk rasa bakti kepada alam," ujar Gede Sleeper, Minggu, (23/12/2018).

Dalam melakukan pembersihan tersebut, diikuti oleh Yudha Wardana, Parta Lionk, Gede Sleeper, Acharya Jegu, Agung Dop,  Dek Ta, Pak Pandu, Pemuda Banjar Gunung, Pak Putu Arya Kusuma dengan team Bali Dirt Bike yang ikut membantu melakukan pembersihan, bantuan konsumsi juga Paguron Bala Datonta dari Aji Tapak Sesontengan, ada Bapak Ketut Punia, mbok yudith dan crew. Selain itu juga ada sumbangan 2 buah drum untuk membakar sampah agar tidak menjadi masalah di hilir dari Turah Panji Astika dari Puri Anom Tabanan. Sebelumnya, gerakan ini sudah pernah dilakukan di air terjun Penatahan sebelah utara Desa Penatahan. Adapun sampah-sampah yang dibersihkan berupa sampah plastik, ranting kayu, sampah rumah tangga, limbah ternak dan bangkai ayam. 

"Diharapkan gerakan Bakti Ring Pertiwi ini bisa menjadi gerakan yang dilaksanakan di masing masing Banjar, agar alam sekitar menjadi lebih nyaman dan indah, karena secara tidak langsung juga akan membuat lingkungan lebih sehat dan terhindar dari bencana," harapnya. ang/rat


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER