Respon Cepat, Karang Taruna YKS, Bantu Korban Gempa di Buleleng

  • 12 Oktober 2018
  • 00:00 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 2184 Pengunjung
istimewa

Singaraja, suaradewata.com – Gempa berkekuatan 6,4 SR dengan episenter gempa berlokasi di laut pada jarak 55 km arah timur laut kota Situbondo, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur tidak hanya dirasakan di pulau Jawa. Namun juga mengguncang pulau Bali. Bahkan di desa Banyupoh, Kecamatan Gerokgak, Buleleng salah satu rumah warga milik Gede Merta Jiwa hancur digoncang gempa yang terjadi Kamis, (11/10/2018) dinihari itu. Melihat kondisi itu Karang Taruna Yowana Kertha Sancaya Kecamatan Gerokgak langsung merespon dengan cepat dengan memberikan bantuan material sekaligus kerja bakti melakukan perbaikan tembok yang jebol, Jumat, (12/10/2018).

 

Ketua Karang Taruna Kecamatan Gerokgak Ketut Suryanta Putra mengatakan setelah mengetahui salah satu warga yang rumahnya menjadi korban gempa pihaknya langsung bergerak untuk mengumpulkan informasi. “Setelah gempa dinihari, sorenya kami langsung berkoordinasi dengan Perbekel banyupoh Ketut Bijaksana,”ucapnya.

Selain itu Suryanta bersama prebekel dan Camat Gerokgak Made Juartawan langsung mendatangi rumah korban guna melakukan pendataan kerusakan akibat gempa sekaligus berkoordinasi apa yang bisa dibantu. ”Setelah berkoordinasi dengan pihak terkait dan melihat langsung kondisi rumah korban maka tadi pagi kita langsung bergerak melakukan bakti sosial dan menyalurkan bantuan,” bebernya.

Di rumah korban para karang taruna terjun langsung melakukan menyenderan tembok rumah yang roboh secara bergotong royong. “Ini bukti nyata dan bentuk kepedulian kami sebagai karang taruna kepada warga yang tertimpa musibah, hal ini  sejalan dengan salah satu program karang taruna yakni ikut andil dalam  berbagai kegiatan sosial dengan langsung terjun ke masyarakat,”ungkapnya. Pihaknya menegaskan karang taruna Yowana Kertha Sancaya selalu menjadi garda terdepan dalam kegiatan sosial dengan mengedepankan konsep “menyama braya”.

Dipihak lain, korban Gede Merta mengaku sangat terbantu atas kepedulian anak-anak muda khsusnya yang tergabung dalam karang taruna YKS. ‘Kami sangat berterima kasih atas respon cepat dan bantuan karang taruna, semoga semangat kesetiakawanan sosial ini tetap terjaga,” ucap korban. rls/gin


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER