Menengok Pembuatan Ribuan Patung Garuda untuk Para Delegasi IMF di Desa Garuda

  • 24 September 2018
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 3522 Pengunjung
suaradewata.com

Gianyar, suaradewata.com - Terlepas dari masalah pengamanan dan lokasi tempat kunjungan para delegasi IMF - World Bank Annual Meeting 2018. Ada yang terlewatkan diekspos terkait cinderamata untuk para delegasi.

Ternyata khusus untuk merchandise yang diberikan telah disiapkan jauh hari sebelumnya. Ribuan miniatur patung garuda Wisnu telah dikebut pembuatannya oleh tangan seniman di Gianyar.

Patung mini Garuda Wisnu diproduksi khusus di Kampung Garuda, Dusun Pakudui, Tegallalang, Gianyar oleh maestro seniman patung I Made Ada yang hak ciptanya terdaftar secara interational di WIPO-PBB.

Meski berupa karya buatan tangan, seribu minitur patung garuda wisnu yang dalam proses finishing terlihat di kediaman Maestro I Made Ada terlihat seragam, Senin (24/9).

Dalam pembuatannya dikatakan Made Ada mlibatkan sekitar 70  pemahat dari desa setempat. Bahkan dirinyanturun langsung untuk mensotir hasil pahatan yang layak dan tak layak.

 

“Ini pengerjaan yang sudah berjalan selama tiga bulan. Semua hasil pahatan langsung saya sendiri yang memeriksa layak tidaknya. Untuk pengerjaan dibantu puluhan murid saya," ungkapnya.

Lanjutnya, soal kualitas dan keseragaman patung seluruhnya mencapai 80 persen.  Kata dia patung karyanya ini dipastikan akan sulit ditiru, karena memiliki identitas. 

Karena itupula, disebutkan jika  pihak panitia IMF-World Bank,  hanya mempercayakan dirinya untuk menggarap miniatur Patung Garus Wisnu ini.   

"Ini terdaftar secara International, yakni di WIPO-PBB. Miniatur patung GWK ini, akan menjadi Merchandise istimewa saat “Host Country Reception” IMF- WB Annual Meeting di Garuda Wisnu Kencana, 12 oktober mendatang,” bebernya.

Dirinya berharap para delagasi negara nantinya berkesempatan mampir ke desanya. Dimana hampir semua warganya berprofesi sebagai pemahat patung Garuda hingga dijuluki kampung garuda. 

“Kami juga akan memperkenalkan patung garuda raksasa dari kayu dengan sestem knock down yang menjadi ciri khas kami disini. Ada juga Class patung yang kerap diikuti oleh wisatawan dari berbabai negara,” pungkasnya. mot/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER