Parade Ngelawang Jadi Ajang Promosi Wisata Pura Taman Pacampuhan Sala

  • 01 Juli 2018
  • 00:00 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 2886 Pengunjung
suaradewata

Bangli, suaradewata.com - Sejumlah barong dipentaskan dalam memeriahkan parade ngelawang yang dilaksanakan di obyek wisata spiritual Pura Tirta Taman Pacampuhan, Desa Pakraman Sala, Desa Abuan, Susut, Bangli, Minggu (01/07/2018). Menariknya, parade ini digelar selain sebagai ajang pelestarian seni dan budaya juga dijadikan sarana promosi pariwisata untuk menarik minat wisatawan berkunjung ke obyek wisata yang terkenal dengan keindahan alam dan air pancoran  atau pertirtaan yang banyak diyakini ampuh menyembuhkan berbagai penyakit ini.

Pelaksanaan Parade Ngelawang yang baru pertama kali digelar ini, mendapat sambutan antusias dari masyarakat dan para pengunjung atau pemedek. Bendesa Pakraman Sala, I Ketut Kayana, ditemui dilokasi  mengakui Parade Ngelawang yang digelar merupakan salah satu upaya untuk lebih memperkenalkan (mempromosikan) obywk wisata Pura Tirta Taman Pacampuhan. “Parade ini baru pertama kali kami gelar. Tujuannya, selain untuk melestarikan adat dan budaya dan mempererat silaturahmi krama sekaa teruna-teruni sehabis galungan. Parade ini juga kita maksudkan sebagai ajang promosi untuk memperkenalkan lebih luas keberadaan obyek wisata spiritual ini,” ungkapnya.

Oleh karena itu, tampak para peserta begitu antusias mengikuti pelaksanaan parade. Setidaknya, ada empat  kelompok atau sekeha mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa turut memeriahkan pelaksanaan parade tersebut. Selain itu, ratusan warga juga menyambut antusias kegiatan tersebut. Terbukti areal pura dipenuhi para penonton.

Disampaikan, pegelaran parade Ngelawang ini, persiapannya memang cukup mendadak. Karena itu, pihaknya baru bisa melaksanakan parada dengan peserta sekeha bebarongan yang ada di wilayah Desa Pakraman Sala saja. Peserta parade yang terlibat, sebanyak empat sekeha, mulai anak-anak hingga dewasa. Kedepan, kita akan adakan evaluasi terlebih dahulu. Kalau hasilnya bagus, maka parade ini akan kembali kita laksanakan enam bulan ke depan. Kita akan mengundang peserta luar desa pakraman Sala untuk ikut dalam parade ini,”ungkapnya.

Dengan harapan, dengan kehadiaran para sekaan barong ini akan lebih mengenali keindahan dan keunikan Pura Tirta Pacampuhan. Dengan demikian, nantinya mereka bisa datang ke Sala dengan tujuan berwisata spiritual atau melukat. Lebih lanjut, disampaikan, selama ini tingkat kunjungan ke obyek wisata lumayan sudah mulai dikenal masyarakat luas. “Rata-rata tingkat kujungan pada hari biasa, mencapai seratus lebih. Namun pada saat hari-hari tertentu, seperti Purnama atau hari raya jumlahnya bisa mencapai 800 hingga 900 per hari,” bebernya.  Untuk itu, Parade Ngelawang yang dijadikan salah satu event promosi tersebut kedepannya juga akan dikemas lebih baik dengan melibatkan peserta yang lebih luas lagi. ard/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER