Apresiasi Festival Ulun Danu Beratan, Deputi Pariwisata Janji Bantu Dana 1 Miliar

  • 24 Juni 2018
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 3536 Pengunjung
suaradewata

Tabanan, suaradewata.com – Kementerian Pariwisata RI berjanji akan memberikan bantuan anggaran dua kali lipat untuk Ulun Danu Beratan Art Festival di tahun berikutnya. Hal itu disampaikan oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, I Gede Pitana yang hadir pada pembukaan Ulun Danu Beratan Art Festival ke IV mewakili Menteri Pariwisata, Minggu (24/6/2018) di areal Beji DTW Ulun Danu Beratan, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Tabanan.

Pembukaan diawali dengan iring-iringan parade gebogan bunga, baleganjur dan rejang renteng yang dibawakan oleh Gebog Pesatak Pura Ulun Danu Beratan.

Pada kesempatan itu, I Gede Pitana mengapresiasi Festival Ulun Danu Beratan karena mampu melibatkan segenap stake holder mulai dari masyarakat yang terdiri dari STT dan PKK dari Gebog Pesatakan serta mendapat dukungan pemerintah. Sehingga pihaknya berjanji akan menambah bantuan anggaran pada festival tahun depan. “Kalau tahun ini Rp 500 juta, tahun depan akan kami berikan dana Rp 1 Miliar,” ungkapnya. 

Menurutnya, Tabanan memiliki sumber daya pariwisata yang luar biasa, baik berbasis alam, budaya dan beragam aktifitas masyarakat. Sehingga festival sangat penting dilakukan karena festival mampu menggairahkan kesenian dan pelestarian kebudayaan lokal yang merupakan modal pembangunan pariwisata.

Sementara itu, Manajer Operasional DTW Ulun Danu Beratan, I Wayan Mustika mengatakan, pihaknya akan menambah kegiatan dalam festival jika apa yang dijanjikan Kementerian Pariwisata itu terealisasi.  “Seperti masukan yang diterima mungkin kami akan membuat kegiatan di tengah danau, sesuai dengan ikon wisata disini yaitu danau, mungkin cak ditengah danau atau apa,” ungkapnya.

Pembukaan festival kemudian ditandai dengan pemecahan tiga kendi yang didalamnya terdapat ikan kaper oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Republik Indonesia, I Gede Pitana, Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti dan Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran KUKM beserta undangan yang hadir seperti Bintang Puspayoga, Ketua DPRD Provinsi Bali, I Nyoman Adi Wiryatama. Anggota DPRD RI, I Made Urip, anggota DPD RI, Shri I Gusti Ngurah Arya Weda Karna ,Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali yang mewakili Gubernur Bali. Wakil Bupati Tabanan, Komang Gede Sanjaya, anggota DPRD Tabanan dan seluruh Kepala OPD dilingkungan Pemkab Tabanan.ayu/aga


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER