Dua Anggota TNI/Polri Dapat Penghargaan di Hari Peringatan Lahirnya Pancasila

  • 01 Juni 2018
  • 00:00 WITA
  • Karangasem
  • Dibaca: 2093 Pengunjung
suaradewata

Karangasem, suaradewata.com- Hari lahirnya Pancasila yang jatuh pada 1 Juni, diperingati oleh Pemkab Karangasem dengan menggelar apel bendera serta penyerahan pengharagaan kepada dua orang anggota TNI/Polri di Lapangan Upacara Tanah Aron, Amlapura, Jumat (1/6/2018). Bertindak sebagai inspektur upacara, Bupati Karangasem, IGA Mas Sumatri, serta dihadiri oleh Wakil Bupati Karangasem, I Waya Artha Dipa beserta anggota Forkopimda, Kepala OPD dilingkungan Pemkab Karangasem.

Bupati Mas Sumatri, yang membacakan sambutan Presiden RI, Joko widodo menegaskan sebentar lagi Bangsa Indonesia akan merayakan hari ulang tahun kemerdekaan yang ke-73. Dan selama 73 tahun, Pancasila sudah bertahan dan tumbuh di tengah deru ombak ideologi-ideologi lain yang berusaha menggesernya. “Selama 73 tahun, Pancasila sudah menjadi rumah kita yang ber-Bhineka Tunggal Ika. Insya Allah sampai akhir zaman, Pancasila akan terus mengalir di denyut nadi seluruh rakyat Indonesia,” ujar Mas Sumatri membacakan pidato Presiden RI.

Pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada Bangsa dan Rakyat Indonesia, melalui perenungan, pergulatan pemikiran dan kejernihan batin para founding fathers Indonesia. Ditegaskannya Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945, kemudian dituangkan dalam Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada tanggal 18 Agustus 1945.

Para pendiri bangsa dari berbagai kelompok, golongan dan latar belakang saat itu duduk bersama untuk menetapkan Pancasila sebagai pemersatu segala perbedaan. Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar Negara yang kokoh, yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

“Rangkaian proses besar tersebut harus selalu kita ingat, kita dalami semangatnya dan kita pahami rohnya. Adalah tugas dan tanggung jawab kita untuk memastikan bahwa Pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan serta hati dan pikiran kita. Pada peringatan Hari Lahir Pancasila di tahun 2018 ini, kita harus meneguhkan semangat kita untuk bersatu, berbagi dan berprestasi,” tandasnya.

Sementara itu, usai apel bendera kemarin Bupati Mas Sumatri menyerahkan penghargaan kepada dua orang anggota TNI/Polri yang selama ini sudah bertugas dengan baik sebagai Babinsa maupun Babinkamtibmas di desa binaan mereka. Kedua anggota TNI/Polri tersebut masing-masing Sertu I Made Suta, Babinsa, Desa Sibetan dan Desa Bebandem, dan Aiptu I Nyoman Sweca, Babinkamtibmas Desa Sibetan dan Desa Bebandem keduanya meraih pengharagaan atas partisipasinya dibidang kesehatan. rls/nov/sar


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER