Malam gelar seni semeton Lapedos

  • 01 Juni 2018
  • 00:00 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 3038 Pengunjung
suaradewata

Buleleng, suaradewata.com- Setiap 6 bulan sekali umat Hindu di Bali tidak pernah absen melewatkan momen kemenangan Dharma melawan adharma yang sering kita dengar dengan istilah Hari Raya Galungan, Galungan kali ini sangat beda digelar oleh masyarakat desa pengastulan lewat pemuda pemudinya yang dengan sebutan LAPEDOS, memang sangat meriah terasa Galungan kali ini tidak hanya sekedar dirangkaikan dengan melaksanakan persembahyangan bersama, namun dibeberapa wilayah di Bali juga merangkainya dengan kegiatan lain.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Lapedos, kelompok pemuda dari Desa Pengastulan, Seririt, Buleleng. Perayaan galungan yang jatuh pada Rabu, 30 Mei 2018 dirangkaikan pagelaran seni dan budaya bertempat di Pantai Pengastulan, Seririt.

Putu Widyasmita, selaku koordinator acara itu mengatakan kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan kembali potensi seni yang ada di wilayah desanya. "Jadi potensi seni yang ada di desa Pengastulan kami bangkitkan dan berikan ruang untuk menunjukkan bakat yang dimiliki warga kami,"ucapnya saat ditemui dilokasi kegiatan.

Beragam kegiatan ditampilkan dalam acara itu seperti tari tradisional, modern dance, musik hingga lawak Bali. Antusiasme warga tidak hanya datang dari desa Pengastulan namun dari desa tengga bahkan hingga ke wilayah Buleleng dan Gerokgak.

Widi juga mengharapkan jika kegiatan tersebut bisa diadakan secara berkelanjutan dan bisa menjadi contoh bagi pemuda di wipayah desa lainnya. "Hal positif ini semoga bisa menyebar sehingga kratifitas dan potensi seni  masyarakat Bali bisa tersalur,"paparnya.

I Nyoman Riang Pustaka, SIP selaku CamatSeririt sekaligus mewakili Bupati Buleleng  mengatakan,  gelagat seni di desa Pengastulan sangatlah bagus. "Salah satu pemuda di desa ini yang bernama Widi mendapatkan juara satu lomba pemuda band se Bali, ini sangat bagus potensinya dan kami mendukung acara seperti ini,"ucapnya.

Pihaknya juga mengharapkan agar seluruh warga Pengastulan bahu - membahu untuk terus mendukung kegiatan positif ini. "Kami harapkan seluruh warga mensuport kegiatan ini. rls/sar


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER