Diberdayakan, Enam Eks OGDJ Siap Huni Panti Laras

  • 18 Mei 2018
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 2778 Pengunjung
suaradewata

Tabanan, suaradewata.com – Dinas Sosial Kabupaten Tabanan akan memberdayakan mantan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) melalui Panti Laras yang akan segera dibuka. Bahkan Jumat (18/5/2018) enam orang mantan ODGJ sudah mulai menghuni Panti Laras yang berlokasi di deretan rumah dinas Pemkab Tabanan di Banjar Wanasara, Desa Bongan, Kecamatan Tabanan.

Kepala Dinas Sosial Tabanan, I Nyoman Gede Gunawan mengatakan bahwa di Pantai Laras ini mantan ODGJ akan diberdayakan, seperti diajak berkebun, memelihara ikan, dan berbagai kegiatan positif lainnya yang dapat memulihkan kesehatan jiwa mereka. “Maka dari itu di Panti Laras ini kita sediakan kolam, kebun, sehingga nantinya mereka bisa berdaya,” tegasnya.

Dibukanya Panti Laras ini juga tidak terlepas dari rencana dibukanya Kampung Investasi Hati yang disingkat Kata Hati. 

Keenam ODGJ tersebut merupakan ODGJ yang dinyatakan kondisinya sudah membaik oleh dokter sehingga siap menghuni Panti Laras. Nantinya mereka juga akan tetap dipantau kesehatannya oleh Puskesmas tersebut. "Kita juga berkoordinasi dengan Puskesmas, dan petugas di Panti Laras ini juga diberikan pahaman bagaimana menangani mantan ODGJ," imbuhnya.

Nantinya mantan ODGJ juga bisa dijenguk oleh keluarga masing-masing dan apabila nanti kondisinya sudah membaik maka mantan ODGJ bisa pulang kerumahnya masing-masing. ayu/rat


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER