Wow, Ribuan Seniman Semarakkan Pawai Pesta Kesenian Bali di Bangli

  • 12 Mei 2018
  • 00:00 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 2670 Pengunjung
suaradewata

  Bangli, suaradewata.com – Ribuan seniman baik dari Bangli maupun luar Bangli terlibat dalam  pagelaran pawai Pesta Kesenian Bali Kabupaten Bangli, yang juga merupakan serangkaian untuk memeriahkan HUT Lahirnya Kota Bangli ke-814, Jumat (11/05/2018). Pawai dibuka langsung Bupati Bangli, I Made Gianyar bersama jajaran Forkopimda Kabupaten Bangli yang dipusatkan di Lapangan Umum Kapten Mudita.

Sesuai pantauan pawai dibuka sekitar pukul 14.00 wita, ditandai dengan pemukulan kentongan secara bersama-sama. Tampak animo masyarakat tumpah ruah memadati lapangan dan pinggir jalan yang dilalui peserta pawai untuk bisa menyaksikan pagelaran pesta kesenian Bali secara langsung.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bangli, I Wayan Adnyana selaku ketua panitia menyampaikan, dalam pawai kali ini setidaknya melibatkan 1.500 seniman, baik dari Bangli maupun luar Bangli. “Pawai Pesta Kesenian Bali Kabupaten Bangli ini, selain menampilkan pementasan kesenian yang akan menjadi duta Kabupaten Bangli dalam PKB yang akan digelar sekitar pertengahan bulan Juni 2018 mendatang, juga mementaskan kesenian dari partisipasi sejumlah Kabupaten/Kota lain di Bali,” ungkapnya. Hal ini, lanjut dia, juga dimaksudkan untuk memeriahkan Hut Kota Bangli.

Masing-masing kontestan menampilkan kesenian yang merupakan ciri khas daerahnya masing-masing, yang dikemas dengan pertunjukkan  pragmentari didepan panggung kehormatan. Selanjutnya, pawai kesenian dilakukan dengan keliling kota Bangli. Hanya saja, dalam pawai keliling kota Bangli ini, sejumlah penonton yang mengira pawai akan melintas melalui Perempatan Catus Pata sempat dibuat kecele. Pasalnya, hanya dua peserta pertama saja yang melintasi jalur tersebut, sebelum akhirnya rute diubah secara mendadak oleh panitia.

Meski demikian, secara umum jalannya Pawai PKB Kabupaten Bangli yang berakhir hingga petang, berlangsung lancar dan terkendali. “Pawai ini merupakan salah satu ajang dalam rangka upaya pelestarian seni budaya dan untuk mewadahi kreativitas seni para generasi muda. Selain itu, dengan pawai ini kita harapkan bisa menjadi sarana promosi yang baik untuk kemajuan pariwisata Bali pada umumnya dan Bangli pada khususnya,” tegasnya.

Sementara itu, Bupati I Made Gianyar pada kesempatan tersebut menyampaikan apresiasinya terhadap pelaksanaan pawai yang notabene juga melibatkan sejumlah seniman dari Kabupaten/Kota lain di Bali yang ikut berpartisipasi memeriahkan peringatan Hut Kota Bangli. Untuk itu, diharapkan kedepan kegiatan serupa sebagai ajang untuk melestarikan seni budaya yang merupakan warisan yang adi luhung agar bisa ditingkatkan kembali dengan kemasan yang lebih baik. ard/sar


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER