Sidang Paripurna DPRD Jembrana, Sampaikan Rekomendasi LKPJ Tahun 2017

  • 02 Mei 2018
  • 00:00 WITA
  • Jembrana
  • Dibaca: 2632 Pengunjung
suaradewata

Jembrana, Suaradewata.com-Sidang Paripurna DPRD Jembrana yang dipimpin oleh Ketua DPRD Jembrana I Ketut Sugiasa yang berlangsung di Ruang Sidang Utama DPRD Jembrana, menyampaikan rekomendasi atas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Jembrana tahun 2017 yang dibacakan oleh Wakil Ketua II DPRD Jembrana I Kade Darma Susila. Rabu (2/5)

Berdasarkan atas hasil pengkajian LKPJ Bupati Jembrana tahun 2017 tersebut, DPRD Jembrana dalam agenda tersebut menyimpulkan bahwa pada beberapa urusan sudah berjalan dengan baik dan efektif, namun masih banyak yang masih perlu ditingkatkan pelaksanaannya. Demikian halnya dalam hal pemasangan target PAD yang lebih rendah dari potensi sebenarnya dan realisasi pendapatan daerah sebesar 98,77% dan belanja daerah yang hanya mencapai 81,87%.

Terkait hal tersebut DPRD Jembrana memberikan rekomendasi terhadap Pemkab Jembrana antara lain, masih rendahnya PAD dan rendahnya kemandirian daerah perlu ditingkatkan secara signifikan target PAD dengan cara mengefektifkan kinerja Satuan Kerja pengelola PAD yang menerima pelimpahan dari perusahaan daerah. Disamping itu mengingat besaran SiLPA tahun 2017 yang melonjak sangat tajam disbanding tahun sebelumnya, disarankan agar penerapan e-planning, e-budgeting, dan e-controlling dipastikan kehandalan dari system tersebut untuk menekan angka SiLPA di tahun-tahun berikutnya.

Disampaikan pula upaya mendorong segera beroperasinya PT Bank Perkreditan Rakyat Jembrana sebagai mitra usaha kecil dan menengah yang nanti diharapkan lebih mudah memberikan layanan Kredit Usaha Rakyat serta meningkatkan anggaran untuk pembangunan bidang pertanian dan perikanan dengan memberikan perlindungan pada Subak melalui perbaikan irigasi, bantuan pupuk dan benih, membangun kesadaran masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan secara positif.

DPRD Jembrana juga memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan RSU Negara. Salah satu langkah yang bisa ditempuh dengan menyediakan dokter spesialis melalui program tugas belajar serta pemberian insentif untuk peningkatan status RSU Negara dari tipe C ke B.

Meskipun memberikan rekomendasi/catatan, DPRD Jembrana tetap memberikan apresiasi kepada Bupati Jembrana berserta jajarannya yang terus berupaya untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan akuntabel yang telah diwujudkan dengan pencapaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK. Demikian halnnya DPRD Jembrana juga mengapresiasi atas capaian di bidang pendidikan dan kesehatan dengan bukti nyata dan komitmen Pemerintah Jembrana untuk meningkatkan akses pendidikan khususnya di pendidikan kejuruan dengan berdirinya beberapa SMK, Akademi Komunitas di Baluk dan Politeknik Negeri Kelautan di Pengambengan serta meningkatkan kualitas pelayanan di Puskesmas dengan pelayanan rawat inap. 

Apresiasi juga diberikan atas komitmen bupati yang terus berupaya mewujudkan pemerintahan yang bersih dan akuntabel. Hal ini ditunjukkan dengan pencapaian opini WTP dari BPK atas laporan keuangan Pemkab Jembrana tahun 2016.

Atas rekomendasi tersebut, Bupati Artha menilain sebagai catatan strategis bagi penyelenggaraan pemerintahan. Hal itu meliputi pengelolaan keuangan, penyelenggraan urusan pemerintahan serta tugas umum pemerintahan. Rekomendasi tersebut, baik saran maupun kritik dipandangnya sebagai feedback yang positif dan konstruktif, untuk selanjutnya ditindaklanjuti melalui perbaikan kinerja dimasa mendatang.” Kami akan lakukan perbaikan , mulai dari tahap perencanaan, penganggaran, pelaksanaan sampai pemantauan program pembangunan. Demi terwujudnya pemerintahan yang baik , efisien, efektif dan transparan,,” kata Bupati Artha

Bupati Artha juga berharap DPRD Jembrana untuk terus melakukan pengawasan yang efektif terhadap penggunanan anggaran secara benar dan tepat. “Tujuan yang hendak kita capai adalah optimalisasi penggunaan anggaran dengan baik, dimana setiap rupiah yang dikeluarkan harus jelas sasaran serta manfaatnya , untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat,” tegasnya. dep/rat

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER