Turun di Pura Batukau, Dua WNA Denmark Selamat

  • 14 Februari 2018
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 3057 Pengunjung
suaradewata.com

Tabanan, suaradewata.com– Dua orang WNA asal Denmark, Phillip dan Ditte yang tersesat Selasa (13/2/2018) akhirnya kembali dalam keadaan selamat. Mereka berdua tiba-tiba muncul di jaba Pura Luhur Batukau dalam keadaan selamat.

Informasi di lapangan menyebutkan, setelah pencarian yang dilakukan kepolisian, BPBD Tabanan dan pecalang setempat pada Selasa malam hingga Rabu dini hari (14/2/2018) tidak membuahkan hasil. Pencarian pun dilanjutkan Rabu pagi, dimana sekitar pukul 10.00 kedua WNA sudah terhubung kembali dengan sopir yang mengantar mereka, I Made Astawa Yasa.

Menurut Astawa Yasa, kedua WNA tersebut sudah menemukan jalur tracking menuju kaki gunung, hanya saja kedua WNA tersebut tidak tahu jalur tersebut akan tembus di titik tracking mana, apakah di Pura Taksu Agung, Pura Batukau atau malah titik lainnya. “Maka dari itu saya berkoordinasi lagi dengan pemandu lokal agar bisa disusul di gunung,” ujarnya.

Ia mengatakan bahwa sebelum mulai tracking, ia sudah menyarankan kedua WNA tersebut untuk mencari pemandu lokal, namun kedua WNA menolak dengan alasan sudah biasa berjalan jauh. Dan Astawa Yasa pun diminta untuk menunggu di Pura Batukau.

Setelah berkoordinasi dengan pemandu lokal dan pecalang, akhirnya dua orang pemandu lokal bersama 4 orang anggota BPBD Tabanan naik ke gunung. Hanya saja sampai di beji Yah Sanak yang ada diatas Pura Taksu Agung, tidak ditemukan jejak WNA tersebut hingga akhirnya tim kembali melalui jalur Pura Batukau. “Dan saat diperjalanan, tim mendapatkan kabar kalau kedua WNA sudah tiba di jaba Pura Luhur Batukau dalam keadaan selamat,” ujar Perbekel Desa Jatiluwih, I Nengah Kartika.

Kedua WNA tersebut kemudian diajak ke Puskesmas Penebel I untuk diperiksa kesehatannya sebelum kembali ke hotel bersama sopirnya. ayu/rat


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER