Polres Karangasem Gelar Simulasi Pengamanan Pilgub 2018

  • 07 Januari 2018
  • 00:00 WITA
  • Karangasem
  • Dibaca: 2967 Pengunjung
suara dewata

Karangasem, suaradewata.com - Polres Karangasem menggelar latihan  sistim pengamanan Kota (Sispam Kota)  atau simulasi pengamanan pilgub Bali 2018 dengan melibatkan sebanyak 580 orang lebih personil. Bahkan latihan atau simulasi yang diselenggarakan pada Minggu (7/1/2018) ini dipimpin langsung oleh Kapolres Karangasem AKBP I Wayan Gede Ardana bersama Kabag Ops Kompol Heri Supriawan, dengan berbagai skenario yang kemungkinan terjadi saat pelaksanaan Pilgub Bali mendatang. 

Dalam simulasi itu diasumsikan disalah satu TPS dalam pemungutan suara ada indikasi kecurangan dalam pelaksanaannya, sehingga salah satu saksi pasangan Calon Gubernur melakukan protes. Namun karena aspirasi mereka tidak mendapat respon maka terjadilah tindakan anarkis. 

Dalam simulasi itu, tindakan awal Polres Karangasem menurunkan tim negosiasi, namun karena mentok dan situasi bertambah panas dan anarkis, Polres kemudian menurunkan tim tindak untuk meredam massa. Dengan kemampuan yang dimiliki, polisi akhirnya berhasil memukul mundur massa yang semakin benringas tersebut. 

Kapolres Karangasem AKBP I Wayan Gede Ardana, didampingi Waka Polres, kepada wartawan usai pelatihan sispam kota tersebut mengatakan. Dalam pelatihan ini banyak diberikan teknik atau cara pengamanan tahapan pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur yang nantinya bisa menjadi pedoman anggotanya dalam pelaksanaan tugas pengamanan dilapangan. “Termasuk pengamanan TPS saat tahapan pungut suara, sehingga nantinya tidak terjadi kesalahan dan pengamanan dapat berjalan aman dan lancar,” tegasnya.                         

Dalam kesempatan itu Kapolres mengingatkan anggotanya untuk tidak melakukan politik praktis, apalagi memihak salah satu pasangan calon, karena semuanya sudah diatur dalam undang-undang dan peraturan Kapolri. nov/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER