PVMBG Himbau Warga Diluar Radius 12 Kilometer Untuk Pulang Dari Pengungsian

  • 29 September 2017
  • 00:00 WITA
  • Karangasem
  • Dibaca: 3084 Pengunjung
suaradewata

Karangasem, suaradewata.com - Rapat koordinasi Jumat (29/9/2017) digelar di Posko Komando Penanggulangan Bencana Gunung Agung di Tanah Ampo, dengan melibatkan seluruh unsur baik dari BNPB, PVMBG, TNI-Polri, Pemkab Karangsem serta unrsur lainnya yang terlibat. Rapat koordinasi tersebut secara khusus membahas terkait kondisi Gunung Agung terkini termasuk para pengungsi.

Kasubid Mitigasi dan Gerakan Tanah PVMBG (Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi) Kementrian ESDM, Agus Solihin, dalam keterangan persnya kepada wartawan di Pos Komando Tanah Ampo, menghimbau agar warga yang tinggal diluar zona 12 kilometter dari Gunung Agung, untuk tidak ikut-ikutan mengungsi. Karena yang direkomendasikan untuk mengungsi adalah warga yang rumahnya berada dalam zona radius 12 kilometer.

Ditegaskannya sejak Gunung Agung ditetapkan statusnya kelevel awas, maka pihaknya langsung merekomendasikan dua daerah atau areal yang harus dikosongkan yakni radius 9 kilometer dari Gunung Agung yang kemudian secara sektoral areal ini diperluas dalam radius 12 kilometer untuk wilayah Selatan Tenggara, 14 Kilometer untuk wilayah Utara dan 15 Kilometer untuk wilayah Barat Daya. Sedangkan wilayah Kota Amlapura, Manggis dan beberapa bagian di wilayah Kecamatan Rendang berada pada zona aman atau diluar dari radius berbahaya.

“Jadi untuk warga yang berada diluar radius 12 Kilometer itu masih relatif aman dan tidak perlu mengungsi. Bagi yang sudah terlanjur mengungsi sudah bisa kembali kerumah masing-masing dan beraktifitas seperti biasa,” tandasnya.nov/aga


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER