Tingkatkan Kualitas Tembakau, Belasan Petani Tembakau Bangli Study Tour Ke Sumedang

  • 28 September 2017
  • 00:00 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 3261 Pengunjung
suaradewata

Bangli, suaradewata.com – Potensi termbakau di Bangli yang besar mulai dilirik dan akan terus dikembangkan. Hanya saja, penanganannya masih dilakukan secara tradisional. Untuk mendorong pengembangan potensi tembakau di Bangli tersebut, salah satu upaya yang dilakukan Pemkab Bangli, melalui Dinas Pertanian , Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Bangli mengajak 18 orang petani tembakau yang mewakil 6 kelompok  petani tembakau di Kabupaten Bangli. studi tour ke Sumedang, Jawa Barat belum lama ini.

Bertempat di kantor Pelelangan Dewan Cabang Asosiasi Pengusaha Tembakau Nasional (DPC.APTN) Tanjung Sumedang Jawa Barat. kedatangan rombongan study tour yang dipimpin  Kepala  Dinas Pertanian , Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Bangli Ir. I Wayan Sukartana, M.Si di dampingi Kepala Bappeda Peneliti dan Pengembangan Kab. Bangli Drs. I Nyoman Widiana,M.Pd.H , Kepala Dinas Sosial I Wayan Sukarta  diterima Yosep Suhayat Kepala Dinas Pertanian Dan Ketahanan  Pangan Kabupaten Sumedang Jawa Barat.

Dalam sambutannya, Suhayat mengatakan berkat keuletan dan semangat petani tembakau di Sumedang, pihaknya berhasil menghasilkan kwalitas tembakau yang baik. “Untuk pengolahan dan sistem lelang tembakau telah tertata rapi,” tegasnya. Oleh karena itu, tembakau asal Sumedang telah banyak dikirim hingga ke luar daerah.

Sementara Kepala Dinas PKP Bangli, Wayan Sukartana, mengungkapkan kegiatan study tour dilaksanakan untuk petani tembakau khususnya dan umumnya untuk petugas teknis bisa mengetahui dan memahami teknis budidaya tembakau, pasca panen, meningkatkan produksi , produktivitas dan pembuatan rokok tradisional yang baik dan benar. Dengan demikian, diharapkan nantinya petani bisa meningkatkan hasil dengan mutu dan tembakau yang berkwalitas sehingga dapat bersaing di pasaran. “Konsep pengembangan tembakau baik pengetahuan tentang cara pengolahan dan  pemasaran hasil tembakau yang kita dapat dalam study tiru ini, nantianya akan kita kembangkan di Kabupaten Bangli.”imbuhnya.

Dalam kesempatan ini rombongan Petani tembakau  berkesempatan melihat langsung proses pelelangan tembakau, berkunjung ke home industri pengepakan tembakau Perusahaan Rokok Bunga Kembar dan mecoba mempraktekan tekhnik pembuatan rokok linting tradisional.ard/aga


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER