Pasar Kayuambua Jadi Penitipan Ternak Pengungsi, Wabup Juga Siapkan Lahan 2,2 Ha

  • 28 September 2017
  • 00:00 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 3473 Pengunjung
suaradewata

Bangli, suaradewata.com– Ribuan pengungsi Gunung Agung yang selama ini dihadapkan kebingungan karena memikirkan ternaknya yang terpaksa dijual murah, kini bisa sedikit bernapas lega. Pasalnya, sejumlah pos pengungsian ternak mulai didirikan untuk membantu para pengungsi. Tak kecuali di Kabupaten Bangli. Pasalnya Pemkab Bangli telah menyiapkan lokasi penitipan ternak di Pasar Hewan  Kayuambua, Desa Tiga , Susut, Bangli.  Selain itu, Wabup Bangli Sang Nyoman Sedana Arta juga telah merelakan lahannya seluas 2,2 hektar, yang berlokasi di Banjar Yoh, Pengotan Bangli untuk lokasi penitipan sapi para pengungsi.

Sekdis Dinas Peternakan, Ketahanan Pangan dan Perikanan (Dinas PKP) Bangli I Wayan Sarma saat dikonfirmasi, Kamis (28/9/2017),  mengatakan untuk membantu pengungsi agar tidak bingung mencari lokasi penitipan ternak, pihaknya telah menyediakan dua lokasi penitipan ternak. Yakni di Pasar Hewan Kayuambua dan lahan milik Wakil Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta  di Banjar Yoh Desa Pengotan Bangli.  “Untuk Pasar Kayuambua kemarin telah ada pengungsi yang menitip ternaknya,”jelas dia.

Disebutkan, Mantan Kepala Kantor Ketahanan Pangan ini, Pasar Hewan Kayuambua bisa menampung sekitar 200 ekor ternak. Sementara, kemarin telah terisi sekitar 45 ternak milik pengungsi. Namun hingga Kamis (29/9) hanya tersisa 28 ekor. “Sebagian peternak memilih menjual ternaknya. Mengingat mereka telah menemukan pembeli yang mau membeli dengan harga sesuai pasar,”ujarnya.

Lanjut menambahkan,  untuk keamanan ternak, pihaknya telah menugaskan petugas pasar secara bergiliran menjaga ternak milik pengungsi tersebut. Sementara untuk lahan milik Wabup Sedana Arta, jelas dia, berupa hamparan seluas 2,2 ha. Disana, juga telah ada bangunan untuk lokasi penjagaan. Jadi bila ada pengungsi membawa ternak ke lokasi, dengan lapang dada akan dipersilakan. “Untuk keperluan pakan, disana juga terdapat hijauan yang juga telah direlakan oleh pak Wakil untuk ternak sapi milik pengungsi.  Kita harap dengan dua lokasi penitipan ini, pengungsi tidak lagi menjual ternaknya dengan harga murah,”ucap Sarma.

Disampaikan juga, sesuai informasi dari Dinas Peternakan Pemprov Bali, telah ada perusahaan pakan ternak  yang akan siap membantu pengungsi dalam hal menyediakan pakan. Untuk gudang pakan ini, bakal berlokasi di wilayah Kayuambua, yakni salah gudang pakan ternak milik Wabup Sang Nyoman Sedana Arta. “Distribusi pakan  ternak ini akan dilakukan dari Bangli ke sejumlah lokasi penampungan ternak di kabupaten lainnya,” pungkasnya.ard/aga


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER