Gema Takbir dan Pawai, Hiasi Malam Kota Gianyar

  • 01 September 2017
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 3435 Pengunjung
suaradewata.com

Gianyar, suaradewata.com - Ribuan umat muslim di Gianyar tumpah ruah di jalan dalam kota saat melakukan pawai takbir menjelang Idul Adha, Kamis (31/8) malam. Dengan membawa berbagai miniatur Islami,  peserta pawai mengumandangkan keagungan nama Allah.

Terdiri dari 13 rombongan dari TPQ (taman kanak-kanak) dan Madrasah Diniyah (Madin) melakukan pawai malam takbir mulai dari Masjid Agung Al-A'la Gianyar berkeliling kota hingga kembali ke masjid. Ketua panitia gema takbir Nasrulloh Khoirul Azizzi mengatakan, selain pawai takbir (ta'aruf) keliling juga dilaksanakan Gema Takbir di Masjid Agung Al-A'la. Gema takbir diikuti oleh 28 peserta se-Kabupaten Gianyar. "Kami dari Gemma (Generasi Muda Masjid) setiap tahun mengadakan lomba gema takbir, pawai ta'aruf dan miniatur," ujarnya.

Sementara itu, Hari Idul Adha 1438 H jatuh pada Jumat (1/9). Umat muslim akan melakukan sholat ied pada pagi hari dan dilanjutkan dengan pemotongan hewan kurban. Namun karena bertepatan dengan hari Jumat dan umat muslim harus melakikan sholat Jumat, pemotongan hewan kurban akan dilaksanakan hari Sabtu (2/9). "Perayaan Idul Adha juga disebut Lebaran Haji, seperti riwayat sejarah perjalan Nabi Ibrahim dan anaknya Nabi Ismail. Merupakan hari kemenangan dari pengorbanan dengan mengurbankan hewan jantan berkaki empat dan dibagikan kepada yang tidak mampu," jelas Nurwidyaswanto, Ketua PHBI kabupaten Gianyar. gus/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER