Woow... Perkembangan HIV Di Tabanan Tiap Bulan Meningkat

  • 28 Agustus 2017
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 13627 Pengunjung
suaradewata.com

Tabanansuaradewata.com - Penularan penyakit Human Immunodeficiency Virus (HIV) di Kabupaten Tabanan semakin meningkat. Hal tersebut diungkapkan oleh Koordinator Voluntary Conseling and Testing (VCT) RS Tabanan Dr. Made Yasmi mengungkapkan bahwa sampai saat ini perkembangan HIV di Tabanan semakin meningkat. Bahkan hampir dari setiap bulannya terus ditemukan penambahan orang yang positif HIV.

"Ya perkembangannya meningkat, peningkatannya hampir setiap bulan, dari 2 sampai 3 orang kita temukan ada yang positif," ucap Dr. Yasmi kepada media suaradewata.com di ruang kerjanya, Senin, (28/08/2017). 

Dia menerangkan, sampai saat ini dari data di RS Tabanan ada sekitar 865 orang di Tabanan yang positif terjangkit HIV. Namun, hanya sekitar 448 orang yang aktif untuk melakukan pengobatan. Dirinya menjelaskan sebagian besar yang terjangkit didominasi dari kaum laki-laki. Dan hal tersebut disebabkan masih minimnya pendidikan yang dimiliki serta kurang pahamnya terkait penularan penyakit HIV itu sendiri.

"Masih angkanya laki laki lebih besardari usia produktif, penyebabnya karena pemahaman tentang penyakit penularannya itu yang belum mereka paham, mereka melakukan tidak aman dan sek bebas tidak bisa dihindari, untuk itu disarankan pakai kondom," terangnya.

Untuk itu, diperlukannya pencegahan terhadap penularan HIV di Tabanan. Guna menekan angka penularan penyakit HIV itu sendiri. Dan dirinya pun berharap, agar mendapatkan dukungan dari Pemerintah Daerah untuk mendapatkan dukungan dana dalam melakukan pencegahan penularan HIV di Tabanan. 

"Diharapkan dukungan dari Pemerintah Daerah untuk mendapatkan dukungan dana dalam melakukan pencegahan, melalui pencegahan mobile VCT untuk melakukan penyuluhan ke tempat wanita pekerja sek (WPS)," harapnya.ang/aga


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER