Sulap Kampungnya Jadi Lebih Asri, Bupati Artha Puji Warga

  • 02 Juli 2017
  • 00:00 WITA
  • Jembrana
  • Dibaca: 3203 Pengunjung
istimewa

Jembrana, suaradewata.com - Inovasi warga Warga Lingkungan Perumnas Kelurahan Baler Bale (BB) Agung, Kecamatan Negara dengan menyulap lingkungan perumahannya menjadi lebih bersih dan asri  mendapat apresiasi dari Bupati Jembrana I Putu Artha. Selain mengubah kampung yang dulunya kumuh menjadi lebih hijau dengan beraneka ragam jenis tanaman, warga juga mengecat gang rumahnya dengan warna warni lukisan tokoh kartun kesukaan anak-anak. Gang ini juga ditutup tiap minggunya sehingga anak-anak dapat  leluasa bermain sehingga ideal menjadi kampung ramah anak. Minggu pagi, ( 2/7), ditemani istrinya Ny Ari Sugianti Artha, Bupati Artha melakukan pengecekan dengan menyusuri tiap ruas gang di Perumnas BB Agung yang terkenal sebagai pemukiman padat penduduk dikota Negara. Kesempatan ini juga digunakannya untuk meninjau pelaksanaan program gotong royong tiap awal bulan yang dicanangkan Pemkab Jembrana.  

"Penataan lingkungan haruslah melibatkan partisipasi warga seluas-luasnya. Apabila kita melibatkan warga dalam perencanaan, pengadaan, pemanfaatan dan juga pemeliharaan, maka warga akan menjaga fasilitas-fasilitas tersebut," kata Artha. Ia juga menambahkan , partisipasi warga secara aktif akan memunculkan interaksi dan komunikasi. Apalagi dibarengi dengan aktivitas-aktivitas nyata dalam memperbaiki lingkungan, hubungan sosial antarwarga akan makin erat. 

Saat berinteraksi dengan warga, Bupati Artha juga  menyampaikan pentingnya gotong royong senantiasa dihidupkan dalam penataan lingkungan. Seperti rutin membersihkan got didepan rumah mengingat kawasan perumnas merupakan pemukiman padat penduduk. Ditegaskannya pula, lingkungan yang sekarang sudah lebih asri oleh tanaman hijau yang tertata rapi di sepanjang jalan akan lebih seimbang apabila didukung dengan kesadaran menjaga kebersihan selokan/got dari  sampah yang menyumbat . Aliran air menjadi lancar, genangan/banjir bisa dicegah serta yang tak kalah pentingnya akan tercipta lingkungan yang bersih dan sehat.  “ Lingkungan yang sehat ini akan mendukung tumbuh kembang anak-anak sehingga mereka nyaman dalam bermain. Jangan lupa libatkan tokoh-tokoh masyarat, pemuda-pemudi, banjar setempat agar kegiatan membersihkan selokan didukung dan menjadi kegiatan rutinitas, “ imbuhnya. 

Sementara Kepala Lingkungan  Anyar Asri,Dewa Wirawan mengaku bersama sama pihak kelurahan serta LPM sengaja membuat konsep perkampungan yang dulunya kumuh menjadi perkampungan yang bersih, aman dan nyaman bagi anak-anak untuk bermain. “Di permukiman yang padat tentu anak-anak  terkendala tempat bermain. Kita konsepkan di jalan ini menjadi jalan yang bersih, aman, dan nyaman sehingga anak-anak bisa bermain di jalan tersebut,” paparnya. 

Agar menjadi kampung yang bersih, warga di lingkungan Anyar Sari Perumnas BB Agung juga melakukan berbagai langkah untuk menanggulangi sampah dengan mewajibkan masing-masing rumah tangga memiliki pemilahan sampah. “ Saat ini dari 13 RT yang ada konsep ini baru terealisasi di 3 RT. Kedepan kami ingin  perbanyak lagi ruas-ruas gang yang mendapat fasilitas serupa,” pungkas Wirawan. dep/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER