Anggota Kodim 1610 Menerima Penyuluhan Bahaya Narkoba

  • 10 Juni 2017
  • 00:00 WITA
  • Klungkung
  • Dibaca: 3501 Pengunjung
suaradewata.com

Klungkung, suaradewata.com - Inteldim 1610 Klungkung bekerjasama dengan BNK Klungkung menggelar sosialisasi Pencegahan, Peberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba ( P4GN) Jumat (9/6/2017). Acara digelar di gedung Kodim dengan melibatkan seluruh anggota beserta para PNS di lingkungan Kodim 1610 Klungkung

"Bahaya Narkoba sudah  menjadi ancaman. Seperti telah kita ketahui bahwa peredaran Narkoba merambah sampai kepelosok dan menyasar anak-anak, hal ini sangat mengkawatirkan," ujar Kasdim 1610 Klungkung, Mayor Inf Hari Sulasto.

Lanjutnya, pemahaman akan bahaya Narkoba bagi seluruh anggota dan KBT Kodim sangatlah penting. Setidaknya perang narkoba dimulai dari dalam diri, keluarga, hingga ke seluruh lapisan masyarakat. "Untuk para anggota  jaga anaknya agar jangan sampai terkena Narkoba," tegasnya. 

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Para Danramil Jajaran Kodim beserta anggota dan Perwira. Tidak ketinggalan  Staf Kodim Pengurus Persit Candra Kirana Cab XXXIII juga ikut dalam kegiatan tersebut. 

 Dalam paparannya,  Kasat Narkoba Polres Klungkung, AKP I Gede Suyatmaja, SH. MH, menerangkan secara menyeluruh terkait seluk beluk Narkoba. Menurutnya, Narkoba merupakan singkatan dari Narkotika dan Obat berbahaya. Selain Narkoba, istilah lain yang diperkenalkan khususnya oleh Departemen Kesehatan Republik Indonesia adalah Napza yang merupakan singkatan dari Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif.

Narkoba merupakan zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman baik sintetis maupun  semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, menghilangkan rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan.

"Khusus mengenai peredaran Narkoba di daerah Klungkung , walaupun kota kecil tetapi peredarannya sudah cukup marak dan sangat mengkawatirkan," ujarnya. Hal ini menjadi perhatian khusus bagi Pemkab selama ini, terlebih lagi pemakainya kebanyak anak-anak muda. 

Mantan Kapolsek Tampak Siring ini juga berharap di tahun 2017 persentase kasus tersebut bisa ditekan. "Keluarga menjadi pilar penting dalam upaya melawanNarkoba.Orang tua merupakan posisinya sangat vital memiliki peranan penting dalam menaggulangi bahaya Narkoba," bebernya sambil meminta orang tua selalu mengawasi pergaulan anak anaknya.

Kegiatan P4GN disamping dilaksanakan  penyuluhan juga akan dilanjutkan dengan pengecekan urin secara acak dan sidak pada hari-hari yang tidak ditentukan.jul/dev


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER