TNI-Polri Bantu Jamban Warga Sukawati dan Ubud

  • 17 Mei 2017
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 3546 Pengunjung
istimewa

Gianyar, suaradewata.com - Babinsa dari Koramil 1616-05/Sukawati bahu membahu bersama masyarakat di Banjar Cangi, Desa Batuan, Kecamatan Sukawati, Gianyar membuat jamban bagi keluarga Mangku Komyang Suartika, Selasa (16/5).

Kegiatan ini terus dilakukan untuk menyikapi kelanjutan program jambanisasi bagi masyarakat, sehingga Babinsa jajaran Kodim 1616/Gianyar terus bersama masyarakat mengupayakan pembuatan jamban bagi masyarakat yang tidak mampu.

Kegiatan Jambanisasi yang dilakukan anggota Babinsa Koramil 1616-05/Sukawati merupakan bentuk kepedulian terhadap kesulitan masyarakat dan bakti kepada masyarakat di wilayah Sukawati, Gianyar.

Sementara itu, ditengah perkembangan ekonomi Ubud yang disebut kampung turis, masih ada segelintir warga yang kurang mampu. Masih ada warga yang tidak memiliki jamban. Salah satu I Wayan Sulendra, 49, Banjar Sindu, Desa Sayan, Kecamatan Ubud, Gianyar. Sulendra menjadi salah satu warga yang menerima bantuan jamban dari Kodim 1616/Gianyar. 

Pada Rabu (17/5) pagi terlihat sejumlah personel Koramil Ubud dan Polsek Ubud tengah membangun pondasi jamban di pekarang belakang rumah Wayan Sulendra. Pembangunan jamban dilakukan secara gotong royong. Sementara itu Wayan Sulendra menuturkan, biasa Ia bersama istri Ni Wayan Sueni, 45, mandi di sungai.

Kebetulan di dekat rumah ada aliran sungai yang jarak sekitar 100 meter. Kebutuhan air bersih untuk masak menggunakan air sumur. "Biasa pakai air sumur, air PDAM belum bisa menjangakau kesini," ungkap Sueni. Lokasi rumah yang berada di tegalan cukup sulit dijangkau air PDAM. 

Sulendra yang bekerja sebagai petani dan menggarap lahan orang mengaku sangat bersyukur dengan ada program ini, sehingga dirinya bisa memiliki jamban. "Kegiatan ini sangat membantu warga seperti kami yang tidak punya jamban. Kalau jamban sudah jadi kami tidak perlu ke sungai lagi," ungkapnya. 

Sementara itu pembuatan jamban untuk Wayan Sulendra dipimpin Danramil Ubud Mayor Arm I Putu Arimbawa. Program 1000 jamban bagian dari Gema Sang Juara yang masih akan berlanjut, menyasar di seluruh kecamatan yang ada di Gianyar. Kemudian jamban yang dibangun untuk keluarga Wayan Sulendra ukuran 2 meter x 1,8 meter. "Pembangunan secara swadaya, perkiraan bisa rampung dalam seminggu," jelas Kasdim Gianyar Mayor Inf I Wayan Sutantra disela-sela pembuatan jamban.

Diungkapkan pula untuk tahun 2017 ini Kodim Gianyar ditargetkan membangun jamban sebanyak 415 unit. Dari 415 unit jamban dibagi di masing-masing kecamatan. "Wilayah koramil Gianyar dan Sukawati masing-masing 60 unit jamban, kemudian wilayah lain masing-masing 59 unit jamban," ungkap Mayor Sutantra. gus/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER