Dewan Tekankan Dinas Kesehatan Berikan Pemahaman Tingkat Desa

  • 08 Mei 2017
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 3037 Pengunjung
suaradewata.com

Tabanan, suaradewata.com - Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Tabanan I Made Dirga dorong Dinas Kesehatan untuk memberikan pemahaman kesehatan ke desa-desa. Hal tersebut diungkapkan pada saat monitoring di Puskesmas Tabanan II di Desa Denbantas, Kecamatan Tabanan, Senin, (08/05/2017). 

Monitoring tersebut dilakukan lantaran saat ini ada 8 Puskesmas di Tabanan menggelar lomba tenaga medis di masing-masing Puskesmas. Dan untuk jurinya berasal dari tim Provinsi Bali. Kata Dia, penyelenggaraan lomba tersebut dinilai sangat bagus dan berharap dampak dari lomba tersebut menghasilkan hal yang lebih baik. Selain itu, dirinya juga mendorong dinas kesehatan, selain menggelar lomba tersebut juga harus memikirkan bagaimana memajukan kesehatan di Tabanan. Dan untuk itu harus ada program sosialisasi pemahaman tentang kesehatan kepada maayarakat.

"Kalau safari kesehatan itu kan mengobati, tapi kalau safari untuk memberikan pemahaman kan belum, misalnya sekarang kalau ada orang stroke, dokter apa mestinya memberikan, kalau ada orang diabetes apa penyebabnya, apa yang boleh apa yang tidak dan bagaimana mestinya, kan harus dipahamai semuanya," ucap Dirga via telepon kepada media suaradewata.com.

Dirinya pun mendorong Dinas kesehatan harus memberikan pemahaman kesehatan kepada masyarakat ke masing-masing Desa. Apabila hal tersebut memerlukan anggaran dana, dirinya siap membahas di anggaran di DPRD. Agar masyarakat paham tentang kesehatan dan  lingkungan bersih.

"Itu harus dilakukan, kami dorong itu, kalu memang perlu anggaran kita bahas dalam anggaran, dan berikan anggaran, sekarang kalau masyarakat itu penuhi rumah sakit, itu menunjukan kesehatan Dinas Kesehatan maju apa mundur itu, kita kan gak tahu juga, kalau penuh terus rumah sakit sampai kekurangan kamar ditambah kamarnya lagi kurang, tambah rumah sakitnya lagi kurang, itu apa menunjukan keberhasilan dari Dinas Kesehatan apa bagaimana," ucapnya. ang/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER