Rp. 1,2 Milyar Untuk Pengadaan Komputer UNBK Tingkat SMP

  • 08 Mei 2017
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 3270 Pengunjung
ilustrasi

Gianyar, suaradewata.com – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk tingkat SMP di Kabupaten Gianyar belum lama ini berlangsung kurang optimal. Sejumlah sekolah SMP masih meminjam sarana prasana untuk ujian nasional berbasis online ini ke sekolah lain. Untuk pengadaan sarana prasana UNBK tersebut diperlukan dana sekitar Rp.1,2 Miliar.  

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar, Made Suradnya, Senin (8/5) mengatakan Dinas Pendidikan Gianyar sudah mengajukan pengadaan komputer pada APBD induk 2017, namun pengajuan tersebut tidak lolos, sehingga akan diusulkan kembali  pada anggaran APBD perubahan tahun 2017.

Dikatakan, ada empat sekolah yang membutuhkan bantuan komputer untuk pelaksanaan UNBK yakni  SMP Neger 1 Sukawati,  SMP Negeri 1 Ubud, SMP Negeri 1 Tegalalang dan SMP Negeri 1 Tampaksiring. Dari 4 sekolah yang membutuhkan komputer, mungkin yang dipilih mendapat bantuan tersebut 1 hingga 2 sekolah.

Suradnya optimis pengadaan komputer bisa terealisasi pada anggaran perubahan tahun ini. Dia mencontohkan pada pengadaan komputer untuk SMP Negeri 1 Blahbatuh dan SMP Negeri 1 Payangan yang akhirnya baru terealisasi pada APBD Perubahan 2016.

Dikatakan, pengadaan 100 unit komputer untuk satu sekolah, membutuhkan anggaran Rp 1,2 Miliar. Anggaran tersebut juga termasuk pengadaan sejumlah alat penunjang UNBK. Diakui pengadaan komputer ini memang cukup besar sehingga untuk realisasi pengadaan komputer ini dilakukan secara bertahap. gus/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER