113 CPNS Resmi Kantongi SK PNS

  • 15 Maret 2017
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 4569 Pengunjung
istimewa

Tabanan, suaradewata.com  – Sebanyak 113 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Tabanan yang lolos diangkat melalui formasi umum tahun anggaran 2014 resmi diangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Proses pengambilan sumpah atau janji PNS tersebut berlangsung di Gedung Kesenian I Ketut Maria pada Rabu (15/03/2017).

Selain pengambilan sumpah dan janji, kegiatan itu juga dirangkaikan dengan penyerahan Surat Keputusan (SK) Bupati Tabanan tentang Pengangkatan CPNS Menjadi PNS di lingkungan Pemkab Tabanan.

Proses pengambilan sumpah dan janji tersebut disaksikan para rohaniawan. Kemudian Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti, Sekda Kabupaten Tabanan I Nyoman Wirna Ariwangsa, serta para pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Tabanan. Dan sebelumnya, ratusan CPNS tersebut juga menjalani ritual mejaya-jaya di padmasana Gedung Kesenian I Ketut Maria.

Dalam arahan singkatnya kepada 113 orang CPNS yang resmi diangkat sebagai PNS tersebut, Bupati Eka mengatakan bahwa pengambilan sumpah dan janji merupakan proses pembuktian kesediaan dan kesanggupan untuk menjalani tugas kepada negara. Khususnya, kepada Kabupaten Tabanan yang menjadi wilayah tugas.

“Tidak asal sumpah atau janji. Di manapun saja, berbuatlah, berkaryalah, dengan baik. Buatlah inovasi dan prestasi yang terbaik. Jangan menjadi PNS yang pasif. Diam ditempat. Otak dan badan tidak dipergunakan dengan baik. Berkomitmenlah dengan apa yang telah anda putuskan hari ini. Dedikasikan diri anda,” ujar Bupati Eka.

Dia juga menegaskan bahwa proses pengangkatan CPNS menjadi PNS itu juga bagian dari proses regenerasi. Sebab, jenjang kepemimpinan di lingkungan Pemkab Tabanan pasti akan berganti dari masa ke masa.

“Kalian berpeluang menggantikan Bapak-bapak atau Ibu yang ada di sebalah saya ini (menunjuk para pimpinan OPD). Harapan itu selalu ada. Tinggal kalian mau atau tidak. Mau berbuat dan menunjukkan kerja yang terbaik atau tidak. Hidup ini kan regenerasi. Tidak selamanya saya juga di Tabanan. Begitu juga Bapak-bapak dan Ibu yang ada di sebalah saya ini,” tukasnya.

Sementara itu, dalam laporan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Tabanan yang dibacakan Sekretarisnya I Ketut Nuada, jumlah pegawai yang diangkat resmi sebagai PNS jumlahnya 113 orang. Mereka merupakan bagian dari 127 orang pelamar yang lolos dalam seleksi CPNS formasi umum pada tahun anggaran 2014.

Terjadi pengurangan jumlah CPNS yang diangkat sebagai PNS dalam kesempatan ini dikarenakan 12 orang merupakan guru SMA/SMK yang diangkat oleh Pemprov Bali. Sedangkan, dua orang lainnya tidak diangkat karena diberhentikan secara hormat dan meninggal dunia.

Sebelum proses pengangkatan secara resmi, 113 orang PNS itu telah melalui masa percobaan sebagai CPNS, lulus dalam Diklat Prajabatan, lulus dalam uji kesehatan oleh Tim Penguji Kesehatan Badan Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Tabanan. hms/gin


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER