Jelang Nyepi, Kasatreskrim Himbau Waspadai Pencuri Rumah Kosong

  • 15 Maret 2017
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 3111 Pengunjung
suaradewata.com

Tabanan, suaradewata.com– Belajar dari pengalaman-pengalaman sebelumnya aksi kejahatan utamnya pencurian di wilayah hukum polres Tabanan membuat Kasatreskrim Polres Tabanan, AKP Yanna Djayadiwidya, S.Ik melakukan langkah-langkah antisipasi. Salah satunya menjelang perayaan Nyepi bagi umat Hindu Selasa, 28 Maret 2017. “Kami himbau warga Tabanan untuk selalu waspada terhadap potensi gangguan kamtibmas di wilayah Tabanan, dan khusus menjelang nyepi kami berharap masyarakat waspada terhadap aksi-aksi pencurian rumah kosong yang ditinggal penghuninya pulang kampung merayakan Nyepi,” ucap Yanna Widya perwira yang dikenal low profil ini, Rabu, (15/03/2017).

Menurut Kasatrskrim, himbauan itu sebagai upaya antisipasi pelaku-pelaku kejahatan menggunakan kesempatan masyarakat yang tengah merayakan hari suci Hindu yakni hari raya Nyepi. “Biasanya pelaku kejahatan selalu mencari celah untuk melakukan aksinya, kitapun harus melakukan langkah antisipasi,” ucapnya. Kejahatan bisa ditekan, kata dia tidak hanya dari pihak aparat, namun juga masyarakat ikut andil mencegah terjadinya kejahatan itu sendiri. Caranya..? “Iya kita sama-samalah, kayak istilah yang sering kita dengar, kejahatan terjadi bukan hanya karena ada niat pelaku, namun karena ada kesempatan. Untuk itu masyarakat juga harus waspada misal mengunci pintu rumah saat ditinggal dan tidak menyimpan barang-barang berharga didalam rumah,”tegasnya.

Selain memberikan himbauan pihaknya mengaku telah melakukan berbagai langkah untuk mengantisipasi gangguang kamtibmas di diwilayah hukum polres Tabanan. “Anggota kami dilapangan telah melakukan langkah antisipasi, disamping memberikan himbauan juga melakukan pemantauan titik-titik rawan yang ada di Tabanan,” ucapnya. Ditanya mana saja titik-titik rawan, perwira yang selalu berpenampilan rapi ini enggan menyebutkan secara rinci. “Iya pokoknya ada, dan sudah kita petakan serta kita antisipasi, dan saat menjelang nyepi akan kita lakukan pemantauan khusus utamanya rumah-rumah kosong yang ditinggal pulang kampung penghuninya guna merayakan hari raya Nyepi, intinya kami tidak mau saat masyarakat kita merayakan hari sucinya tertimpa musibah, mari kita antisipasi bersama,” beber Kasatreskrim Yanna. gin

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER