Smasta Cup XXI, Bakta Libas Sakura di Grand Final

  • 09 Maret 2017
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 3998 Pengunjung
suaradewata.com

Tabanan, suaradewata.com - Drama adu penalti mengakhiri grand final Smasta Cup XXI  yang digelar sore, Rabu (8/3/2017) antara Tim Bakta (SMAN 1 Kediri Tabanan) dengan kostum hijau melawan Tim Sakura (SMAN 1 Kuta Utara Badung) dengan kostum biru, bertempat di Stadion Debes Gerokgak Tabanan. 

Dalam babak adu penalti, Tim Sakura terlebih dahulu melakukan tendangan ke arah kiper Bakta, suasana pun terasa menengangkan karena hingga tendangan keempat masing-masing tim mampu mebobol gawang lawan dengan sempurna sehingga kedudukan sama 4-4.  Berselang beberapa menit, riuh sporter tim Bakta pun sontak menggelegar ketika tendangan kelima dari Tim Sakura yang dilakukan oleh pemain dengan nomor punggung 27 melambung diatas mistar gawang.

Berikutnya saat tendangan kelima Tim Bakta yang dilakukan oleh pemain nomor punggung 12 kembali berhasil membobol gawang Sakura, riuh sorak-sorai sporter Bakta pun semakin keras menggetarkan Stadion Debes diiringi bunyi gendrang bertalu-talu berbalut asap berwarna merah-melambung keudara. Akhirnya babak final selesai dengan kedudukan skor 5-4 untuk kemenangan Tim Bakta.

Sebelumnya sejak menit-menit awal babak pertama tempo pertandingan berlangsung ketat, masing-masing tim berusaha menembus pertahanan lawan.  Wasit sempat dibikin sibuk dengan sejumlah pelanggaran. Tak hanya itu petugas kesehatan beberapa kali harus berlari ketengah lapangan dengan tandu silih bergati menggotong pemain dari masing-masing tim karena cedra. Sementara di sisi kiri dan kanan tribun stadion Debes, yel-yel ribuan sporter kedua kubu terus bergema memberi semangat. Hingga turun minum skor tetap 0-0.

Saat istirahat, ketegangan sporter sempat mereda ketika panitia menampilkan grups dance putri Smasta “FQ”. “FQ” tampil ketengah lapangan hijau dengan pakaian cerah warna Ping diiringi dentum musik dengan gerak koreogarfi yang padu dan menawan.

Selanjutnya memasuki babak kedua permainan tetap berlangsung ketat, bahkan pada menit 72” sempat terjadi insiden sehingga memaksa wasit mengeluarkan kartu kuning. Walau masing-masing tim sempat meciptakan peluang, namun hingga babak kedua berakhir kedudukan tetap 0-0 sehingga pertandingan dilanjutkan dengan babak adu finalti. Total kartu kuning yang dikeluarkan oleh wasit sebanyak 3 kali yaitu 2 kartu kuning untuk Tim Bakta dan 1 Kartu Kuning untuk Tim Sakura.

Smasta Cup ke-XXI tahun 2017 berlangsung sejak tanggal (19/2/2017) dan setelah babak final selesai langsung digelar upacar penutupan dengan Inspketur Upacara Bupati Tabanan yang pada kesempatan ini diwakili oleh Ketua Umum KONI Tabanan I Dewa Gede Ary Wirawan. Turut hadir undangan lainnya atau yang mewakili antara lain; Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tabanan, Danramil Tabanan, Kapolres Tabanan, Camat Tabanan, Komite Sekolah SMAN 1 Tabanan, Pengurus Yayasan Alumni SMAN 1 Tabanan, perwakilan guru-guru dari masing-masing sekolah peserta.  

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Ketua KONI Tabanan,  Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti, S.Sos berharap melalui kegiatan Smasta Cup, generasi muda dapat tumbuh memenangkan persaingan, kreatif, inovatif, cerdas, trampil serta memiliki kepribadian serta sehat jasmani dan rohani. Kegiatan olahraga  diharapkan dapat membangun kebersamaan dan rasa solidaritas antar sesama.

Sementara Ketua Panitia AA. Sg Saviti Mahawishwa Karmani dalam laporan penutupannya mengatakan, Smasta Cup ke-XXI kali ini mengambil tema “Footbaal Creates Pride and Dignity” diikuti oleh tim dari 11 SMA dan 4 SMK dari Kabupaten Tabanan dan Badung yaitu : SMAN 1 Tabanan (Smasta), SMK Triatmajaya (Trijata), SMK Saraswati 3 Tabanan (SMIP), SMAN 1 Kediri (Bakta), SMAN 1 Penebel (Smaspen), SMKN 3 Tabanan (Sakti), SMAN 1 Mengwi (Smangi), SMAN 1 Selemadeg (Smanse), SMAN 1 Kerambitan (Smaker), SMAN 1 Kuta Utara (Sakura), SMAN 1 Baturiti (Smerti), SMAN 1 Marga (Snema), SMAN 1 Pupuan (Smansap), SMAN 2 Tabanan (Bisma) dan SMKN 1 Tabanan (Smaksata). Pertandingan dibagi menjadi empat pool memperebutkan juara I, II, III dan IV, Panitia juga memilih Best Player dan Top Scorer, paparnya

Juara I Smasta Cup XXI direbut oleh Bakta (SMAN 1 Kediri Tabanan) berhak memboyong piala bergilir, trofi dan piagam yang diserahkan langsung oleh Ketua KONI Tabanan, Juara II di raih oleh Sakura (SMAN 1 Kuta Utara Badung) trofi diserahkan oleh Kepala UPT Dinas Pendidikan Provinsi di Kabupaten Tabanan, Juara III diraih Bisma (SMAN 2 Tabanan) trofi diserahkan oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kab. Tabanan, Juara IV diraih oleh  Semangi (SMAN 1 Mengwi Badung) trofi diserahkan oleh Kepala SMAN 1 Tabanan. Untuk Best Player  dirah oleh Saka Dwi Cahyadi (Sakura) trofi diserahkan oleh Sekretaris PSSI Tabanan dan Top Scorer diraih oleh Kadek Dwi Kurniawan Putra (Bakta) trofi diserahkan oleh Wakasek/humas SMAN 1 Tabanan.

Smasta Cup XXI tahun 2017 kali ini berlangsung cukup sukses dan mendapat dukungan pengamanan dari Polres Tabanan, Pecalang Banjar Gerokgak Gede Tabanan,  serta dukungan dari Dinas Kesehatan Tabanan dan sejumlah seponsor.Nur/gin


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER