Dewi Trisnayanti Terpilih Sebagai Ketua DPD KNPI Tabanan

  • 18 Februari 2017
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 5180 Pengunjung
suaradewata.com
Tabanan, suaradewata.com -Melalui Musyawarah Kabupaten (Muskab) Dewan Pimpinan Daerah (DPD)  Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Tabanan akhirnya menetapkan secara aklamasi kader Banteng Muda Indonesia (BMI) Tabanan Dewi Trisnayanti sebagai Ketua DPD KNPI Tabanan yang baru periode 2017-2019.

Muskab adalah mandat organisasi setelah masa kepengurusan DPD KNPI Tabanan Periode sebelumnya berakhir Desember 2016 lalu. Muskab berlangsung mulai Pk. 19.00 Wita hingga malam  di Warung Bucu Jl. Darmawangsa Tabanan (Jumat, 17/2/2017).

Muskab diawali dengan pemilihan Pimpinan Rapat, selanjutnya Pimpinan Rapat langsung memimpin pembahasan agenda Muskap yaitu diawali dengan penyampaian Laporan Pertanggungjawaban Pengurus DPD KNPI Tabanan periode 2014-2016. Laporan pertanggungjawaban dibacakan langsung oleh Ketua I Dewa Gede Ary Wirawan, dilanjutkan penyampaian tanggapan terhadap laporan pertanggungjawaban dari masing-masing utusan OKP antara lain: GM. FKPPI, GP Ansor, Pemuda Muhamadyah, Pemuda Katolik, Taruna Merah Putih/TMP, Banteng Muda Indonesia/BMI, dan Pemuda Pancasila. Seluruh peserta akhirnya menerima laporan pertanggungjawaban Pengurus DPD KNPI Tabanan periode 2014-2016 dengan sejumlah rekomendasi.

Berikutnya memasuki agenda pencalonan nama-nama Ketua, Pimpinan Sidang membuka pandangan umum dari masing-masing OKP terkait calon ketua. Masing-masing OKP menyampaikan pendapat dan kreteria calon ketua. Bahkan ada peserta Muskab mengusulkan agar I Dewa Gede Ari Wirawan bersedia maju kembali  sebagai Ketua untuk periode berikutnya, tetapi hal itu langsung ditolak oleh Dewa Ary dengan alasan regenerasi dan efektifitas tata kelola organisasi. “Jangan saya lagi lah sebaiknya pilih yang lebih muda,”tegas Dewa Ary.

Akhirnya utusan GM. FKPPI mengusulkan satu nama yaitu Bagus Sukma Wibawa (GM. FKPPI) sebagai calon Ketua, kemudian disusul oleh peserta lain dengan mengusulkan Dewi Trisnayanti (BMI) sebagai calon ketua, sehingga ada dua orang calon. Kedua calon kemudian diminta untuk menyampaikan Visi dan Misi. Mendengar Visi dan Misi masing-masing calon, kedua calon dianggap sama-sama layak duduk sebagai ketua.  Peserta Muskab akhirnya sepakat kedua calon dapat ditetapkan masing-masing sebagai Ketua dan Sekretaris. Namun peserta muskab tidak langsung bisa memutuskan siapa yang lebih pantas duduk sebagai Ketua atau Sekretaris. Akhirnya pimpinan rapat meminta kedua calon untuk keluar ruangan sementara dan peserta Muskab melanjutkan pembahasan untuk menentukan siapa diantara kedua calon yang akan duduk sebagai Ketua dan Sekretaris.

Pembahasan kembali berjalan alot karena sejumlah peserta Muskab sempat menyampaikan sejumlah kreteria ketua terkait tantangan dan pengelolaan organisasi KNPI Tabanan kedepan, seperti pengalaman organisasi, kemampuan bekerjasama antar lembaga, kepemimpinan dan sebagainya. Setelah hampir 30 menit melakukan pembahasan akhirnya peserta Muskab secara aklamasi menetapakan Dewi Trisna Yanti sebagai Ketua dan Bagus Sukma Wibawa sebagai Sekretaris.

Peserta Muskab juga menyepakati sejumlah rekomendasi yaitu: Pengurus DPD KNPI Tabanan yang baru diharapkan aktif menggalang koordinasi dan partisipasi OKP Anggota dan segera melengkapi susunan kepengurusan agar dapat dilakukan pelantikan akhir Pebruari 2017 ini.

Usai terpilih secara aklamasi Dewi Trisnayanti mengatakan,  akan segera melakukan komunikasi dan koordinasi dengan semua OKP dan elemen pemuda di Tabanan termasuk Pemda dan Instansi terkait lainnya, terang Dewi. mn/ari

TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER