Antisipasi Kena Kasus Pungli, Disperindag Kumpulkan Kepala Pasar

  • 17 Februari 2017
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 3125 Pengunjung
suardewata.com

Gianyar, suaradewata.com - Menindaklanjuti sosialisasi Tim Sapu Bersih Punggutan Liar(Saber Pungli), di Mapolres Gianyar, Kamis(16/2). Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan(Disperindag) Gianyar  Ir. I Wayan Suamba, M.M., segera mengumpulkan sembilan Kepala Pasar se-Kabupaten Gianyar di ruang rapat Kantor Disperindag Gianyar, Jumat(17/2). Pertemuan itu untuk melakukan sosialisasi Saber Pungli, di mana kini sedang gencar beroperasi di lapangan,  termasuk di pasar-pasar.

“Kami tak ingin ada petugas pasar di Gianyar ada yang tertangkap tangan(OTT) oleh Tim Saber Pungli. Di Tabanan dan Klungkung sudah ada yang tertangkap,” ujarnya.

Suamba menegaskan, para kepala pasar diharapkan memberikan pembinaan kepada petugas pemunggut retribusi di pasar. Jangan sampai memunggut retribusi tanpa memberikan karcis. Hal itu bisa bisa digolongkan pungli.  Bahkan dia menyarankan dalam memunggut retribusi di lapangan, karcis mesti lebih dahulu diberikan dari menerima uang. “Jangan coba-coba menerima uang tanpa memberikan karcis,” tegasnya.

Selain itu, ditegaskan agar hati-hati dalam melakukan punggutan di pasar. Jangan memunggut sesuatu tanpa berdasarkan peraturan yang ada. “Jangan memunggut diluar yang ditetapkan oleh perda,” cetusnya.

Diharapkan, setiap kepala pasar memaknai Seber Pungli ini secara positif. Sebab, dengan adanya Saber Pungli, manajemen lebih transpran. Manajemen Pasar akan terhindar dari punggutan-punggutan yang tidak sah. Dia mencontohkan, di Pasar Tanah Abang Jakarta, semenjak ada Saber Pungli, pasar itu bersih dari punggutan tidak sah.

Dalam pertemuan itu diungkapkan berbagai persoalan yang yang sulit disikapi oleh kepala pasar. Seperti banyak pedagang yang berjualan di tempat yang bukan untuk berjualan. Dalam hal ini, petugas pasar dibuat ewuh pekewuh. Karena, kalau dipunggut seakan melegalkan mereka berjualan di tempat itu. Sementara jika dibiarkan, akan menganggu suasana pasar. Lebih sulit lagi, sebagian pemahaman pedagang liar itu menganggap pasar sebagai tempat mereka mengais rezeki.

Selain itu, juga persoalan biaya piodalan di Pura Melanting tiap pasar, tiap Buda Wage, Kelawu, tiap enam bulan sekali (210 hari). Biasanya piodalan dibiayai oleh para pedagang di pasar, dengan sistem iuran. Dengan adanya Saber Pungli ini dikhawatirkan untuk biaya piodalan tidak ada.

Terkait hal ini, Suamba menegaskan, pihaknya akan melakukan konsultasi dengan instansi terkait, untuk mencarikan solusi permasalahan yang ada di lapangan selama ini. Yang kini masih bolong-bolong dari ketentuan perda. “Kami akan konsultasikan dengan Bagian Hukum Setda Gianyar, untuk melakukan revisi perda yang berlaku sekarang ini,” katanya.

Sementara itu,  Kepala Pasar Gianyar I Nengah Artawa, menilai keberadaan Saber Pungli sangat baik untuk menuntun bekerja sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing. Sebagai pasar terbesar di Gianyar, pihaknya akan segera melakukan sosialisi tentang Saber Pungli ini kepada para pemunggut retribusi di pasar tersebut. Dengan demikian, para tukang punggut akan memahami apa yang boleh dipunggut dan apa yang tidak. Sehingga, dengan pemahaman itu mereka bisa melakukan tugas tanpa melanggar aturan. “Mensosialisasikan Saber Pungli kepada pemunggut jadi prioritas kami ke depan,” ungkapnya.

Katanya, permasalahan yang dihadapi sekarang ini adalah memfungsikan pasar di lantai III. Selama ini, para pedagang yang mendapatkan lokasi di lantai III, banyak yang berpindah jualan ke bawah. Padahal, di bawah sudah krodit.

Diungkapkan, target  pendapatan dari Pasar Gianyar 2016 Rp. 1,375 milar. Target itu tercapai bahkan melampaui sebesar 23 persen. Sementara target 2017 mencapai Rp. 1,442 milyar. gus/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER