Prihatin, Ribuan Anggota Ormas PBB Turun ke Teratai Bang

  • 30 Desember 2016
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 33707 Pengunjung
suaradewata.com

Tabanan, www.suaradewata.com – Bencana Tanah Longsor dan Banjir Bandang yang melanda kawasan Bedugul, Baturiti, Tabanan  hingga meluluhlantakkan Pura Teratai Bang membuat Ormas Pemuda Bali Bersatu (PBB) prihatin. Mereka kemudian mengerahkan ribuan anggotanya yang tersebar di seluruh Bali turun ke lokasi bencana tepatnya di Pura Teratai Bang Banjar Bukit Catu Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti. Mereka bahu membahu memberdihkan serta memindahkan bekas longsoran dan banjir. Tidak hanya itu mereka juga memberikan bantuan berupa 100 sak semen, Jumat, (30/12/2016).

Dari pantauan www.suaradewata.om para anggota PBB yang didominasi pakaian warna hitam itu tidak canggung untuk terjun ke lumpur guna membersihkan bekas banjir bandang dikawasan suci pura teratai bang. Lumpur yang menutup areal pura itu dibersihkan dengan menggunakan cangkul yang kemudian diangkut karung plastik. Mereka juga secara estafet memindahkan material longsoran seperti kayu, batu dan lainnya dari areal Pura Teratai Bang.

Aksi spontanitas Ormas PBB itu dikoordinir oleh I Putu Eka Putra Nurcahyadi yang juga anggota DPRD dari Fraksi PDIP. Kata dia bakti sosial tersebut adalah aksi spontanitas sebagai bentuk keprihatinan keluaraga besar PBB dari seluruh Bali. “Ini sebagai bentuk kepedulian dan keprihatinan kita terhadap musibah yang menimpa Pura Teratai Bang dan sekitarnya,” ucap Eka. Selain mengerahkan ribuan anggota PBB dari seluruh Bali, PBB kata Eka juga menyerahkan bantuan 100 sak semen untuk perbaikan fisik di areal tersebut.

Menurut Eka, bencana yang terjadi disamping sudah menjadi perhatian pemerintah. Meski dekimian  pihaknya juga berharap semua pihak ikut bertanggungjawab dan memiliki kepekaan ditengah masyarakat. Terlebih Kabupaten Tabanan secara letak geografis cukup labil sehingga sangat rawan terjadi bencana alam longsor. "Mari kita bersama-sama saling bahu-membahu menjaga alam kita, mulai dari saluran air yang ada, dan menjaga tumbuhan tumbuhan atau pepohonan sebagai penguat dari resapan resapan air," imbuhnya 

Sementara, Ketua Harian PBB Made Mulyawan Arya mengatakan kegiatan ini merupakan aksi spontanitas dari PBB itu adalah bentuk kebeduliannya sebagai sesama anak bangsa. Terlebih belakangan ini akibat cuaca yang kurang bersahabat sehingga kerap menimbulkan bencana di berbagai daerah. “Mengetahui bencana di kawasan Bedugul, Baturiti Tabanan kami merasa prihatin, dan kami sepakat turun ke lapangan untuk berbaur, bahu membahu bersama masyarakat membersihkan areal Pura Teratai Bang,” ucapnya. Kegiatan itupun kata dia dilakukan atas dasar kepekaan dan ketulusan hati untuk berbuat bersama masyarakat yang tengah tertimpa musibah. "Tidak banyak yang bisa kita lakukan namun kami tidak berpangku tangan, minimal PBB berbuat sesuatu dengan ketulusan hari dan spontanitas untuk masyarakat, semoga bermanfaat,” harapnya.

Dipihak lain, Prebekel Candikuning I Made Mudita yang sekaligus mewakili pihak Pura Teratai Bang mengucapkan terima kasih kepada Ormas PBB yang telah melaksanakan bakti sosial di Pura Teratai Bang. "Kami merasa sangat terbantu, dan saya mewakili masyarakat kususnya di Bukit Catu, mengucapkan terima kasih atas kedatangan teman-teman Pemuda Bali Bersatu yang sangat luar biasa ini, dimana ikut ikut gotong royong ngaturan ayah di Pura Teratai Bang," ucap Mudita. ang/gin


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER