Upacara Peringati Hari Ibu Ke-88 di Pemkab Gianyar

  • 22 Desember 2016
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 3064 Pengunjung
istimewa

Gianyar, suaradewata.com - Untuk memperingati Hari Ibu  ke-88, Pemerintah Kabupaten Gianyar menggelar upacara di halaman Kantor Bupati Gianyar Kamis, 22 Desember 2016 yang diikuti oleh seluruh pegawai dan jajaran Forkopimda di Kabupaten Gianyar.

Hari Ibu Indonesia lahir dari pergerakan bangsa Indonesia, dalam pergerakan kebangsaan kemerdekaan, peran perempuan Indonesia menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dalam perjuangan panjang bangsa ini untuk meraih kemerdekaannya. Keterlibatan perempuan dibuktikan melalui Kongres Perempuan Pertama 22 Desember 1928 di Yogyakarta yang telah mengukuhkan semangat dan tekad bersama untuk mendorong kemerdekaan Indonesia. Untuk itu sebagai apresiasi atas gerakan bersejarah itu, Peringatan Hari Ibu (PHI) ditetapkan setiap tanggal 22 Desember sebagai Hari Nasional bukan Hari Libur.

PHI ke-88 tahun 2016 kali ini mengambil tema “ Kesetaraan Perempuan dan Laki- Laki untuk mewujudkan Indonesia yang bebas dari kekerasan terhadap perempuan dan anak, perdagangan orang dan kesenjangan akses ekonomi terhadap perempuan”.Tema ini dibangun dengan melihat situasi dan kondisi bangsa Indonesia Tahun 2016 dan menyelaraskan dengan arah kebijakan pembangunan PP dan PA sebagaimana telah tercantum dalam RPJMN 2015-2019 serta mewujudkan Nawacita sebagai salah satu agenda Nasional.

Inspektur Upacara Dandim 1616/Gianyar Letkol (Kav) Berto Capah menuturkan, hakikat Peringatan Hari Ibu (PHI) setiap tahunnya adalah mengingatkan seluruh rakyat, terutama generasi muda akan arti dan makna Hari Ibu sebagai sebuah momentum kebangkitan bangsa, penggalangan rasa persatuan dan kesatuan, serta gerak perjuangan kaum perempuan yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

“Selanjutnya, PHI juga diharapkan dapat mendorong semua pemangku kepentingan untuk memberikan perhatian, pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan,” katanya saat membacakan amanat tertulis Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yambise.­­

Peringatan Upacara PHI ke 88 di Kabupaten Gianyar juga mengapresiasi peran serta para ibu, terlihat dari semua perangkat upacara baik itu dari komandan upacara hingga pengibar  bendera  diberikan kesempatan kepada para wanita .

Salah satu perangkat upacara A.A. Istri Dwi hari Hidayati, S.STP, MM, selaku Komandan Upacara saat dimintai komentarnya usai upacara  terkait Peringatan Hari Ibu di Gianyar mengatakan “Dipercayakannya perangkat upacara kepada saya kaum perempuan merupakan bukti bahwa sudah adanya pengakuan akan pentingnya eksistensi peran dan kiprah perempuan dalam berbagai sektor kehidupan, ini juga membawa pengaruh positif pola pikir dan cara pandang masyarakat pada umumnya, dan khususnya bagi perempuan yang terdorong untuk selalu menghargai hak-haknya sebagai perempuan” ujar ibu dari tiga anak yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang Penyuluhan di Kantor Dinas Pariwisata Kab. Gianyar.

Peringatan Upacara PHI ke 88 di Kabupaten Gianyar juga diisi dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang  lomba Busana ke pura memperingati hari Ibu yang ke-88 di Kabupaten Gianyar, di balai Budaya Gianyar, Senin (28/11) lalu. rls/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER