Surya Adnyani Mahayastra di Bali Women Festival

  • 20 Desember 2016
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 3252 Pengunjung
istimewa

Gianyar, suaradewata.com– Jaman sudah berubah, kini saatnya perempuan untuk menunjukkan jati dirinya. Bukan  tampil mendominasi kaum pria, namun mampu mengekpresikan pontensi yang ada pada diri tanpa meninggalkan jati diri sebagai ibu dan perempuan Hindu. Hal ini di tegaskan oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Gianyar, Ny. Surya Adnyani Mahayastra, saat menjadi narasumber pada talkshow Bali Women Festival yang diselenggarakan HIPMI Ladies Club (HLC) Gianyar di Fountain Stage Level I beachwalk Shopping Center Kuta, belum lama ini.

Ny. Surya Adnyani Mahayastra saat dihubungi, Selasa (20/12) mengatakan,  saat ini perempuan sudah tidak lagi hanya disibukkan dengan urusan rumah tangga, namun sudah mampu tampil sebagai partner suami terutama dalam masalah ekonomi keluarga. Jika dulu ruang gerak kaum perempuan sangat terbatas, namun seiring dengan kemajuan jaman perempuan kini sudah mulai bangkit. Sebagai Ketua Dekranasda Kabupaten Gianyar, dirinya tahu jumlah pengusaha wanita di Kabupaten Gianyar cukup banyak. Mulai dari usaha kecil, menengah hingga merambah eksport import, dan rata-rata mereka sukses menjalankan usahanya. Bahkan bisa dibilang, saat ini tidak ada kaum perempuan yang tidak berusaha atau menghasilkan sesuatu. Istri Wakil Bupati Gianyar Made Mahayastra ini mencontohkan, di pedesaan mana ada perempuan yang hanya duduk diam di kala waktu senggangnya. Bahkan orang tua pun ikut bekerja yang tentu saja disesuaikan dengan kemampuannya, misalkan ada yang membuat porosan, canang, ngamplas dan lain sebagainya.

“ Ini membuktikan bahwa perempuan itu sangat tangguh dan mandiri, mereka juga bisa bertindak sebagai penyokong perekonomian keluarga tanpa harus meninggalkan peran mereka sebagai ibu maupun adat istiadat,” ujar Ny. Adnyani Mahayastra bangga.

Sebagai seorang perempuan dan juag seorang ibu, Ny. Adnyani Mahayastra tetap mengingatkan biarpun saat ini kaum perempuan sudah mampu pendidikannya setara bahkan ada yang lebih tinggi dari laki-laki, mampu menduduki posisi jabatan yang tinggi, sukses di bidang usaha. Perempuan harus tetap mampu menempatkan dirinya sebagai seorang ibu maupun warga masyarakat dan tidak boleh melupakan kodrat sebagai seorang perempuan.

Bali Women Festival diselenggarakan untuk mendorong perempuan khususnya perempuan pengusaha di Gianyar untuk terus berkaya, juga dalam rangka memperingati Hari Ibu ke- 88 2016.  Selain talkshow, fashion show, demo memasak juga diisi dengan kegiatan pameran UMKM Gianyar.

Bali Women Festival dihadiri Ibu Menteri Koperasi dan UKM Ny. Bintang Puspayoga, Ketua HIPMI Bali I.G.A.A Inda Trimafo Yudha,  Asisten Deputi Restrukturisasi Kementerian Koperasi Eva serta Ketua IWAPI Gianyar, Ni Made Rai Sukmawati. Hadir pula ketua HIPMI Gianyar I Wayan Gede Ari Danangga,  Ketua HLC Putu Fitri Ertaningsih serta undangan lainnya. rls/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER