Apel Besar Penandatanganan Naskah Deklarasi Cinta Damai

  • 15 November 2016
  • 00:00 WITA
  • Karangasem
  • Dibaca: 2259 Pengunjung
suaradewata.com

Karangasem, suaradewata.com - Dalam rangka Meningkatkan Kesadaran dan Partisipasi Masyarakat Guna Mewujudkan Persatuan dan Kesatuan NKRI Yang Kokoh, Polres Karangasem menggelar apel bersar. Apel besar dengan inspektur Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri itu diisi pendeklarasian kebinekaan cinta damai di Lapangan Tanah Aron, Selasa (15/11/2016).

Bupati Mas Sumatri dalam sambutannya menghimbau kepada peserta apel bahwa ada beberapa fenomena yang kini berkembang di masyarakat yang bisa menimbulkan dan menjadi penyebab kehancuran Bangsan dan Negara. Salah satunya kata dia menonjolnya kepentingan kelompok, kepentingan golongan dan kepentingan pribadi dengan mengorbankan kepentingan Bangsa dan Negara. Selain itu juga menguatnya rasa primordialisme dan individu, serta munculnya gejala pemaksaan kehendak mayoritas terhadap minoritas  dan mulai lunturnya budaya menghormati simbul-simbul Negara serta memudarnya semangat dan asas satu wilayah nusantara atau NKRI.“Perbedaan bukanlah menjadi kendala bagi kita karna jadikanlah perbedaan itu sebagai kekayaan Bangsa kita,” lontarnya.

Dengan memahami dan menghayati kandungan Bhineka Tunggal Ika, serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, pihaknya berharap ada rasa cinta damai dan bisa menyejukan hati. “ kita semua dalam kehidupan berbangsa dan bernegara karena perbedaan bisa menjadi indah bila disatukan dengan semangat Bhineka Tunggal Ika.” jelasnya.

Hadir dalam upacara tersebut Ketua DPRD Karangasem I Nengah Sumardi, dan anggota Forkopinda serta perwakilan dari masing-masing agama serta ormas kepemudaan. Dalam kesempatan itu, dilakukan penandatanganan Naskah Deklarasi Cinta Damai oleh Bupati Karangasem yang di dampingi oleh Ketua DPRD Kabupaten Karangasem, Kapolres Karangasem, Perwakilan Dandim, PHDI, Walubi, MUI (Muslis), Kristen, Hindu. Nov/gin


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER