Keren…Sampah Plastik Disulap SDN 1 Mambal Jadi Kerajinan

  • 09 November 2016
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 5885 Pengunjung
suaradewata.com

Tabanan, www.suaradewata.com -Banyaknya sampah plastik yang mencemari Lingkungan membuat SD Negeri 1 Mambang Kecamatan Selemadeg Timur mempunyai Ide mengolah botol plastik untuk kerajinan. Hal itu diungkapkan oleh Guru Wali kelas 6 sekaligus pembina ekstrakurikuler I Wayan Budi Susila mengungkapkan pihak sekolah membuat kerajinan dari botol plastik. Yang dikumpulkan oleh para siswa SD. 

"Awalnya kita peduli dengan lingkungan, karena banyak sampah plastik, jadi anak anak SD ngumpulkan sampah plastik menjadi bermanfaat untuk dijadikan kerajinan," ucap Budi di ruang guru, Rabu, (09/11/2016).

Dia menerangkan, kerajinan tersebut muncul di tahun 2014 saat itu masih menggunakan sampah organik. Dan tahun 2015 baru fokus dari sampah plastik serta sekarang sudah menghasilkan kerajinan seperti gapura, aling aling, pagar, tenda dan pohon.

"Untuk aling aling yang ditampilkan kemarin di Seltim, itu menghabiskan sampah plastik sebanyak 3260 botol, dan baru pertama kali tampil di Tabanan, sebelumnya pernah diundang ke Denpasar untuk menginspirasi dan Kesiman sudah dua kali," terangnya.

Dia menambahkan, SD Negeri 1 Mambang mempunyai gerakan anak peduli sampah plastik. Dimana kegiatannya mereka bertanggung jawab di dusun masing masing. Dari sampah plastik memungut dengan sukarela.

"Seperti konsep ngayah, sampah sampah itu kita kumpulkan, dibawa ke sekolah, untuk dipakai kerajinan, satu botol plastik besar diisi sampah plastik lainnya, nanti ditukarkan kesekolah dengan alat tulis, seperti buku, pulpen, penghapus dan penggaris," imbuhnya. ang/gin


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER