Bupati Eka Kepincut Lukisan Pelepah Pisang

  • 09 November 2016
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 3327 Pengunjung
suaradewata.com

Tabanan, suaradewata.com- Ajang Parade Budaya dan Pesta Rakyat HUT Kota Tabanan Ke-523 yang pelaksanaannya disebar di masing-masing kecamatan seakan menjadi etalase berbagai potensi terpendam di Tabanan. Mulai dari sektor UMKM, ekonomi kreatif, serta inovasi lainnya. Salah satunya yang dilakukan anak-anak dari Sanggar Seni Jegeg Bagus (SSJB) di SDN 1 Mambang. “Saya bangga sekali, dengan lukisan dari pelepah pisang. Buat saya, itu unik sekali. Inovasi yang ditampilkan di Selemadeg Timur ini luar biasa. Ayo sounding, ayo bantu promosi mereka,” ucap Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti saat meninjau stand pameran seranngkaian HUT Kota Tabanan ke – 523 di Kecamatan Selemadeg Timur, Selasa, (08/11/2016)

Berkat asuhan guru mereka, I Wayan Budi Susila, anak-anak yang tergabung dalam SSJB dibangun kesadarannya akan bahaya sampah bagi lingkungan. Terutama sampah plastik. Karena itu, Budi Susila kemudian mengajak siswanya peduli lingkungan dengan mengumpulkan sampah di lingkungan dan mendaur ulangnya menjadi berbagai model kerajinan. Simpelnya, anak-anak SSJB diajak melakukan recycle.

Tak heran, singgah ke stan SSJB kita dibuat takjub. Karena stan mereka dibangun dari sampah plastik yang dirakit anak-anak langsung. Properti pendukung stan itu juga berbagai kerajinan hasil daur ulang. Mulai tas, tirai, sapu, bingkai, sampai dengan kolam buatan.

Hasil karya anak-anak tersebut tentu mendapatkan pujian dari Bupati Eka saat singgah ke stan tersebut. Bahkan, dalam sambutannya di atas panggung, Bupati Eka menilai apa yang dilakukan anak-anak SSJB itu layak ditiru. Bahkan, untuk sekelas bank sampah yang selama ini diharapkan bisa mengatasi problem sampah selain TPA atau tempat pembuangan akhir.

“Hasilnya tidak memalukan. Bagus. Kalau orang lihat, mungkin dibelinya bukan di sini (Selemadeg Timur). Kualitasnyapun layak. Saya bangga sekali. Begitu juga dengan lukisan dari pelepah pisang. Buat saya, itu unik sekali. Terus pematung terbaik ada juga di sini. Inovasi yang ditampilkan di Selemadeg Timur ini luar biasa. Ayo sounding, ayo bantu promosi mereka,” pungkasnya. hms/gin


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER