Rakernas KMHDI X, Tanah Air Milik Kita

  • 05 November 2016
  • 00:00 WITA
  • Nasional
  • Dibaca: 4181 Pengunjung
istimewa

Bandung, suaradewata.com - Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) sebagai satu-satunya organisasi kemahasiswaan Hindu Nasional melaksanakan Rapat Kerja X di Bandung, Jawa Barat.  Kegiatan yang bertema Implementasi Nilai-Nilai Jati Diri Bangsa dalam Kehidupan Bernegara ini dilaksanakan selama tiga hari, yakni 04 – 06 November 2016.


Putu Suwiasa selaku Presidium Pimpinan Pusat KMHDI mengungkapkan Rakernas adalah kegiatan yang bertujuan untuk menyusun program kerja PP KMHDI selama dua tahun ke depan.  “Selain menyusun program kerja selama dua tahun, kita akan melakukan konsolidasi internal juga dengan kader KMHDI se Indonesia yang sempat hadir saat ini” ungkapnya.


“KMHDI yang saat ini sudah berusia 23 tahun sangat mengedepankan karakter nasionalisme, bangsa ini membutuhkan generasi yang menghargai keutuhan dan kesatuan banga. Karena Indonesia terbentuk atas perbedaan justru kita harus bangga menjadi negara yang bersatu dalam keberagaman” sambung Suwiasa.


Rakernas KMHDI bukan kali pertamanya dilaksanakan di Bandung, pada tahun 2012 PD KMHDI Jawa Barat juga telah menjadi tuan rumah kegiatan nasional ini.  Kepala Kesbangpol Provinsi Jawa Barat Bapak Agus Hanafi mengungkapkan sebagai aktivis mahasiswa Hindu harus mengedepankan pengabdian masyarakat selaras dengan Mars KMHDI “Tanah air ini milik kita semua,  KMHDI adalah bagian dari NKRI. Jangan pernah takut untuk berkarya.  Mengabdi untuk negara adalah tujuan yang sangat mulia, sehingga jagalah semangat dan loyalitas pengabdian” ungkapnya saat menyampaikan sambutan.


Direktur Pendidikan Hindu Dirjen Bimas Hindu Kementrian Agama RI Bapak Drs.  Ida Bagus Subawa menyampaikan apresiasinya atas semangat mahasiswa Hindu se Indonesia dalam berkarya “sebagai generasi muda Hindu,  KMHDI harus mengedepankan sistem pengkaderan yang terdepan.  Karena bangsa ini membutuhkan generasi yang berkompeten dan profesional untuk bersaing di era globalisasi ini” ungkapnya.


Beliau juga mengarapkan KMHDI konsisten dalam meningkatkan singergitas dengan orgaisasi – organisasi lainnya khususnya organisasi keumatan karena kerjasama antar organisasi mampu meciptakan kondisi masyarakat yang solid dan ke depannya kaderisasi adalah hal yang mutlak bagi generasi Hindu.


“Kaderisasi KMHDI akan menciptakan generasi Hindu yang religius,  humanis,  nasionais dan progresif.  Karakter demikian yang sedang kita butuhkan saat ini” Ungkapnya sebelum pemukulam gong pembukaan. 
Rakernas X KMHDI sebagai awal perjalanan organisasi yang menjadi penting adalah bukan pada seberapa bayak dan program kerja yang dibentuk, namun bagaimana program kerja tersebut dilaksanakan mmenyentuh sampai ke lapisan bawah masyarakat dan berdaya guna bagi masyarakat Indonesia.


“KMHDI sesuai dengan lini pergerakan abdi pada dharma agama dan dharma negara. Kedaulatan bangsa berada di punggung generasi Indonesia dan KMHDI menjadi bagian di dalamnya karena KMHDI adalah bagian dari NKRI” tutup Presidium Putu Suwiasa. rilis/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER