Polres Bangli Sambangi Para Korban Bencana Down Bursf

  • 24 Oktober 2016
  • 00:00 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 4041 Pengunjung
suaradewata

Bangli, suaradewata.com – Banyaknya korban bencana yang diakibatkan terjangan fenomena Down Bursf, angin kencang yang terjadi secara tiba-tiba saat hujan deras melanda wilayah Bangli, Minggu sore, mengetuk perhatian dari banyak kalangan. Sebab, terjangan angin yang mirip putting beliung tersebut, banyak memporak-porandakan rumah warga dan sejumlah fasilitas umum termasuk Pura.

Untuk meringankan beban para korban, jajaran Kepolisian Resort Bangli, usai apel Jam Pimpinan melalui gerakan spontanitas Polres Bangli (GARSOSTAN) langsung bergerak menyambangi rumah para korban untuk menyerahkan bantuan berupa tali kasih dan sembako.”Bantuan yang kita berikan merupakan gerakan spontanistas dari dari seluruh anggota Polres Bangli. Semoga bantuan ini bermanfaat dan dapat mengurangi beban yang dirasakan warga Bangli,” ungkap Wakapolres Kompol Wimboko, S.IK, Senin (24/10/2016).

Penyerahan bantuan tersebut diberikan kepada enam korban, yakni I Kdek Sudiasa, alamat Br.Sidawa, Ds. Tamanbali Bangli korban rumah tertimpa pohon jenis albesia dengan kerugian kurang lebih Rp. 100.000.000. Dewa Ayu Mangku Sayang (70), Dsn. Siladan, Ds. Tamanbali Bangli, korban jatuh ke sungai dengan kedalaman sekitar 10 meter. Saat ini, kondisi korban dalam keadaan selamat dan masih mendapatkan perawatan di RSUP Sanglah. “Nenek itu jatuh ke jurang karena terkejut dan terpeleset saat bencana terjadi. Kondisinya sekarang cukup sehat,” ungkapnya.

Lebih lanjut, bantuan juga diberikan kepada korban I Wayan Lebet di Br. Demulih, Ds. Demulih, yang rumahnya tertimpa pohon albesia dengan kerugian material diperkirakan kurang lebih 50 juta. Selain itu, di banjar Bangun Lemah Kangin, desa Apuan tercatat tiga korban yang diberikan bantuan. Yakni, I Wayan Pande Gisi pemilik bangunan WC, Pelinggih Tugu Karang dan gudang yang mengalami kerusakan setelah tertimpa pohon wani dengan kerugian diperkirakan kurang lebih 25 juta. Di rumah I Wayan Dana, pohon albesia menimpa 4 buah pelinggih/sanggah dan 1 piasan dengan kerugian diperkirakan kurang lebih 75 juta. Terakhir, bantuan bencana diberikan kepada pemilik rumah I Nyoman Kaplog,yang akibat pohon tumbang menyebabkan Pelinggih Taksu rusak dengan kerugian kurang lebih Rp.15.000.000,- (lima belas juta rupiah).

Sedangkan Di Br. Siladan, Ds. Tamanbali, Bangli tepatnya di Pura Penataran Siladan dilaksanakan giat bakti sosial oleh Anggota Polres Bgl bersama dgn Tim BPBD Bangli dan Dinas Sosial, berupa memotong ranting-ranting pohon beringin yg telah tumbang dan menimpa wantilan Pura Penataran Siladan dengan kerugian kurang lebih Rp.100.000.000,- (seratus juta rupiah). Selanjutnya untuk mengantisipasi kejadian serupa, di harapkan kepada warga bangli apabila rumahnya dekat dengan pohon – pohon besar maupun yang sudah rapuh agar segera melakukan pemangkasan atau pemotongan.ard/aga


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER