Diduga Terkena Api Las, Pura Paibon Merik Sumirik Terbakar

  • 04 Oktober 2016
  • 00:00 WITA
  • Klungkung
  • Dibaca: 4675 Pengunjung
suaradewata

Klungkung,suaradewata.com – Diduga akibat percikan api las Pura Paibon Merik Sumirik Banjar Dukuh, Desa Gelgel, Klungkung terbakar Selasa (04/10/2010). Api membakar atap salah satu pelinggih Balai Pelik atau pesamuan diareal pura tersebut.

Kejadian bermula saat Eko Sumarno tukang Las melakukan pengerjaan pemasangan Kanopi di areal Pura. Saking asiknya merampungkan pekerjaan mendadak dia terkejut melihat api sudah membesar di sebuah pelingging Balai pelik atau balai Pesamuan yang atapnya terbuat dari ijuk. Kontan saja Eko terkejut hingga berlari meminta bantuan kepada Pengempon Pura yang sedang melangsungkan ngayah persiapan upacara Ngenteg Linggih yang rencananya akan dilangsungkan pada akhir bulan November 2016 ini. “Aktivitas mengelas sudah saya lakukan sejak satu jam lalu. Saya sempat istirahat dan hendak melanjutkan pengelasan, tiba-tiba api sudah membesar dengan asap membumbung tinggi,’’ terang Eko Sumarno.

Berselang beberapa menit, persisnya pukul 11.20 wita, tiga unit pemadam kebakaran Klungkung mendatangi TKP, segera memberikan tindakan. Berselang sepuluh menit kemudian api berhasil dijinakkan petugas.

Menurut Kelian pura Wayan Murtika Runa, sebelum pemadam kebakaran datang para pengempon pura sudah melakukan dengan alat seadanya berusaha memadamkan api namun api cepat membesar karena bahan atap terbuat dari ijuk yang notabene mudah terbakar. Lanjutnya saat itu memang ada pengerjaan kerangka kanopi untuk persiapan upacara, namun percikan api Las menjadu dugaan kuat sumber api tersebut. Mengingat kejadian ini terjadi menjelang upacara besar di pura tersebut, pengempon pura akan meminta petunjuk kepada orang pintar terkait keberlangusngan upacara tersebut. jul/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER