Waduh…!, Baru 4 Hari Diperbaiki, Jembatan Kebon-Lenganan Jebol

  • 26 September 2016
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 5788 Pengunjung
suaradewata.com

Tabanan, suaradewata.com– Kualitas pengerjaan proyek di Kabupaten Tabanan dipertanyakan. Bagaimana tidak  jembatan penghubung Desa Bajera dengan Desa Bajera Utara tepatnya di Banjar Kebon, Desa Bajera Utara, Kecamatan Selemadegyang baru empat hari rampung diperbaiki kini jebol lagi. Hal itu diduga lantaran box culvert penyangga jembatan yang baru selesai dipasang bergeser.

Informasi dilapangan penyebutkan jebolnya jembatan yang berada aliran sungai Yeh Kunduhitu terjadi sekitar pukul 22.00 wita. Saat itu hujan deras mengguyur Tabanan. Akibat derasnya arus air membuat box culbert yang menjadi penyangga jembatan bergeser sehingga jembatan menjadi jebol tergerus air.”Awalnya di sebelah barat jembatan saja yang ambrol, karena airnya makin deras jadi ambrol semua,”ujar warga setempat Arya Kusnadi.

Kusnadimengakusaat pengerjaan jembatan dimulai Kamis (15/09/2016) dirinya sempat mengingatkan kepada pekerja untuk memperhitungkan debit air sungainamun tidak digubris.“Saya sudah sempat meingatkan kalauhujan deras, arus sungai sangat keras tapi tidak dihiraukan,”akunya. Akhirnya ketakutan Kusnadi terjadi, jembatan yang baru empat hari rampung dikerjakan itu jebol. Meski masih ada sisa jembatan yang tersisa namun kalaupun nekat melaluinya harus extra hati-hati karena bisa membahayakan. Oleh warga di sisa jembatan yang masih ada dipasangi pagar darurat dari bambu agar kendaraan bermotor bisa lewat, namun hal ini cukup membahayakan.

Terkait hal itu, Perbekel Desa Bajera Utara I Wayan Sukanata mengatakan saat ini jembatan tersebut tidak bisa dilalui dan harus menggunakan jalur alternatif. Dimana warga di 5 desa yakni Desa Bajera Utara, Desa Manikyang, Desa Pupuan Sawah, Desa Wanagiri, dan Desa Wanagiri Kauh bisa melewati Banjar Singin, Desa Selemadeg yang jarak mencapai 8 km. ”Warga lima desa itu untuk sementara harus memilih jalur alternatif yakni Banjar Singin sekitar 8 km,” ucapnya. Dia mengaku sudah berkoordinasi dengan Dinas PU dan dikatakan akan segera diperbaiki.  

Sementara Kadis PU Tabanan, I Gusti Ngurah Anom Anthara saat dikonfirmasi mengatakan, jika jembatan tersebut masih dalam tahap perbaikan maka akan diperbaiki kembali oleh rekanan.”Jembatan itu masih tahap perbaikan jadi akan diperbaiki lagi.”ucapnya singkat. gin

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER