Spiritual, Bupati dan DPRD Tabanan Sambangi 5 Tempat di Bogor

  • 25 September 2016
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 3791 Pengunjung
suaradewata.com

Tabanan, suaradewata.com – Selain melakukan persembahyangan di Pura Parahyangan Agung Jagatkartta Taman Sari, Gunung Salak, Bogor rombongan Bupati Tabanan dan DPRD tidak mau melewatkan tempat spiritual di daerah tersebut. Tercatat 5 tempat spiritual dikunjungi rombongan Tabanan tersebut beberapa hari di Bogor.

Pada hari Kamis, (22/09/2016) lalu selain ke Gununng Salak rombongan melakukan persembahyangan bersama di komplek Makam Keramat yang merupakan pemakaman keluarga Kerajaan Pajajaran yang terletak di Kebun Raya Bogor. Di situs ini ada makam Ratu Galuh Alam Prabu Siliwangi, Mbah Jepra, Mbah Baul, dan Solendang Galuh Pakuan.

Kegiatan berikutnya berlangsung di Prasasti Batu Tulis dan istana Batu Tulis. Bupati Eka bersama beberapa anggota rombongan lainnya seperti Ketua DPRD I Ketut Suryadi, Sekda Kabupaten Tabanan I Nyoman Wirna Ariwangsa, beberapa anggota DPRD Tabanan dan pimpinan SKPD menyempatkan diri untuk menapaki kaki di atas batu yang pernah dipijak Pangeran Surawisesa.

Tidak hanya itu, mereka juga mencoba memeluk batu dengan posisi membelakangi batu. Konon, bila kedua tangan bertemu saat memeluk batu tersebut dengan posisi membelakangi, orang yang melakukannya dipercaya telah mendapatkan berkah.

Pada hari kedua, Jumat (23/09/2016), kegiatan berlanjut di Vihara Dhanagun. Vihara ini merupakan bangunan tertua di Bogor yang didirikan pada 1672. Mengingat usianya tersebut, vihara tersebut selain menjadi tempat peribadatan, juga sebagai cagar budaya. Di tempat ini, rombongan juga melakukan persembahyangan bersama.

Berikutnya, rombongan melakukan persembahyangan di Vihara Gayatri yang berada di Cilangkap, Depok, Jawa Barat. Sebelum memulai persembahyangan di tempat ini, rombongan melakukan pengelukatan di tujuh sumur dan kolam yang ada di areal yang sama.

Dalam salah satu kesempatan, Bupati Eka menjelaskan, kegiatan spiritual yang dilakukan bersama rombongan DPRD dan pimpinan SKPD Kabupaten Tabanan ini sebagai bentuk rasa syukur dan terima kasih kepada Sang Pencipta. Sekaligus, memohon keselamatan dan kesejahteraan bagi Indonesia. “Terutama sekali daerah kita, Kabupaten Tabanan,” jelasnya.

Dia secara pribadi juga mengatakan sangat bangga, karena kesempatan ini bisa dilakukan tidak hanya dengan pimpinan SKPD di lingkungan Pemkab Tabanan saja. Namun, jajaran DPRD Kabupaten Tabanan juga turut serta.

“Bangganya karena bisa bersama-sama DPRD yang rombongannya dipimpin langsung oleh Pak Ketuanya bisa ikut serta melakukan perjalanan spiritual ini. Sembahyang dan berdoa bersama demi kebaikan Indonesia. Dan, tentunya Kabupaten Tabanan,” tandasnya.hms/gin

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER