Wah, Sepuluh Tahun Sudah Jalan Ini Rusak dan Tidak Diperbaiki

  • 29 Agustus 2016
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 4124 Pengunjung
suaradewata

Tabanan, suaradewata.com – Sudah sepuluh tahun terakhir ini, kondisi jalan di Banjar Pangkung Nyuling, Desa Abiantuwung, Kediri rusak parah. Kendati demikian, perbaikan oleh Pemkab Tabanan tidak kunjung ada. Padahal, hampir tiap waktu pengguna kendaraan ada saja yang mengalami kecelakaan saat melintasinya.

Dari pantauan suaradewata.com pada Senin (29/8/2016), salah satu ruas jalan di lingkungan banjar tersebut mengalami kerusakan parah. Aspalnya mengelupas, yang tersisa hanya bebatuan di lapisan bawahnya saja. Ini yang kerap membuat goncangan bila pengendara melintasi jalan tersebut.

Menurut salah seorang warga, Ni Made Widani,36, sudah sepuluh tahun kondisi jalan tersebut rusak. Sebelumnya juga demikian, sekitar sepuluh tahun mengalami kerusakan. Meski saat itu sempat dilakukan perbaikan, proyeknya hanya dilakukan dengan menutupi lubang yang ada saja.

"Pernah diperbaiki tapi ditembel saja lobang-lobangnya. Tidak sampai dua tahun hancur lagi. Apalagi kalau sudah hujan-hujan, batunya hanyut,” ungkap Widani.

Saking lamanya jalan itu rusak, tidak sedikit pengguna kendaraan yang mengalami kecelakaan saat melintas. “Paling sering orang jatuh. Setiap dua minggu pasti ada saja. Anak saya saja sempat jatuh sampai pipi, tangan, dan kakinya lecet. Saya sampai tidak berani boncengan kalau lewat jalan ini,” tuturnya.

Karena itu, dia sangat berharap jalan di lingkungan banjarnya tersebut segera diperbaiki. Sehingga warga bisa melalui jalan itu dengan nyaman. Terlebih pada malam hari saat situasi gelap.

"Biar tidak terlalu sering ada yang kecelakaan. Jalan ini juga menuju ke Kediri, Belayu, Mengwi, ke pasar. Kalau malam kami malah tidak berani karena tidak jelas,” sambungnya.

Warga lainnya, I Made Parwata,48, mengungkap hal yang sama. Dia merasa tidak nyaman dengan kondisi jalan yang seperti itu. Apalagi kerusakannya sudah terjadi sepuluh tahunan. Dikatakan, jalan itu rencananya akan segera diperbaiki. Salah seorang anggota DPRD Tabanan kabarnya sempat mengusulkan perbaikan jalan itu.

"Katanya akan diaspal. Kalau tidak salah Oktober 2016 nanti. Pengaspalannya sampai Pangkung Nyuling saja. Itu sih baru rencana yang saya dengar. Entah pasti atau tidak,” sergahnya.

Kerusakan jalan di Pangkung Nyuling itu dibenarkan juga oleh Perbekel Abiantuwung I Gusti Ketut Widiana. Pihaknya sudah sempat menanyakan rencana perbaikan jalan tersebut ke Dinas Pekerjaan Umum (PU) Tabanan. Namun, jawaban yang diterima adalah persoalan anggaran yang terbatas.

"Sudah dari dulu kita tetap diperjuangkan, tapi belum ada realisasi. Kita tetap ajukan lewat semua lini. Baik jalur politik, pendekatan, menanyakan langsung ke PU. Mudah mudahan tahun ini diperbaiki," ungkap Widiana. ang/hai


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER