Gedong Penyimpenan Pura Penataran Banda Dilahap Jago Merah

  • 23 Juli 2016
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 4168 Pengunjung
suaradewata

Gianyar, suaradewata.com – Gedong penyimpenan Pura Penataran Desa Banda, Blahbatuh, Gianyar, terbakar dilahap si jago merah, Sabtu (23/7) pukul 16.00 Wita. Beruntung, sesuhunan pura berupa barong dan topeng berhasil diselamatkan, namun kerugian ditaksir ratusan juta rupiah.

Dari informasi yang diperoleh, sekitar pukul 15.00 Wita, warga desa adat Banda melaksanakan kegiatan ngiring Ida Bhatara dari Pura Bukit Dharma Durga Kutri, Desa Buruan, Blahbatuh menuju ke Pura Penataran Desa Banda. Sesampainya di Pura Penataran Banda, Ida Bhatara sesuhunan yang berupa barong dan topeng dilinggihkan di Gedong Penyimpenan. Setelah itu warga melakukan persembahyangan bersama, selesai persembahyangan warga kembali ke rumah masing-masing.

Sekitar pukul 16.00 Wita, Ketut Bhuana Kawan selaku Kelihan Banjar Banda yang masih berada di Pura Penataran, dikejutkan dengan asap yang mengepul dari atap gedong penyimpenan yang terbuat dari ijuk. Ketut pun memanggil warga yang berada disekitar pura untuk segera mengevakuasi sesuhunan ke tempat yang lebih aman di sisi selatan pura. “Saat memindahkan ida sesuhunan kami tidak dapat melihat sumber api karena banyak asap” terangnya.

Warga pun berdatangan memadamkan api dengan alat seadanya, selang beberapa menit kemudian petugas pemadam kebakaran Kabupaten Gianyar datang untuk memadamkan api. 4 unit Damkar berjuang memadamkan api yang menghanguskan atap gedong penyimpenan. Pukul 17.15 Wita akhirnya api dapat dipadamkan. Dari kejadian tersebut, kerugian yang diderita mencapai Rp. 200juta, sebab-sebab kebakaran masih dalam penyelidikan pihak kepolisian. gus/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER