Hari Libur, Kunjungan Ke ‘Air Terjun Dari Langit” Membludak

  • 26 Juni 2016
  • 00:00 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 5929 Pengunjung
suaradewata
Bangli, suaradewata.com – Meski keberadaannya terbilang baru dikenal publik sejak beberapa bulan terakhir, tingkat kunjungan ke obyek wisata Tukad Cepung yang berlokasi di banjar Penida Kelod, Tembuku, Bangli justru terbilang fantastis. Dalam tiga bulan terakhir rata-rata tingkat kunjungan ke waterfall yang dikenal dengan julukan ‘Air Terjun Dari Langit”, sudah mencapai ribuan pengunjung. Bahkan memasuki liburan sekolah saat ini, tingkat kunjungan terus meningkat mencapai 2 ribu lebih per bulan. Hal ini disampaikan Ketua Sekeha Teruna-Teruni Banjar Penida Kelod, Putu Waliana. “Sesuai catatan, kalau hari-hari biasa, rata-rata tingkat kunjungannya mencapai puluhan orang. Sedangkan pada hari-hari libur bisa mencapai ratusan pengunjung per hari,” ungkapnya saat ditemui di Minggu (26/06/2016).
 
Sementara kalau dihitung bulanan, kata dia, tingkat kunjungannya sudah tembus 2.000-an lebih.  “Mayoritas pengunjung masih didominasi wisatawan domestik. Karena keberadaan obyek wisata ini masih baru, untuk kunjungan wisatawan mancanegara baru mencapai ratusan orang setiap bulannya,” jelasnya. Sampai saat ini, kata dia, tiket masuk ke air terjun juga masih berupa punia atau sumbangan sukarela.
 
Dijelaskan juga, selain terkenal dengan keindahan air terjunnya, wisatawan lokal yang berkunjung kebanyakan melakukan wisata spiritual. Sebab, lanjut dia, ditempat juga terdapat pengelukatan yang dikenal dengan sebutan petirtaan Nawa Ratna.  Nawa Ratna dalam bahasa sanskerta, Nawa berarti sembilan. Ratna berarti bunga yang identik dengan keharuman atau kebaikan.  “Siapapun yang melukat di petirtan Nawa Ratna ini, ada keyakinan bisa mengarah ke hal yang lebih baik. Yang sakit, bisa sembuh dan ada keyakinan bisa melancarkan rejeki dan untuk mendapatkan keturunan,” bebernya. Oleh karena itu, petirtaan ini terbilang sangat disucikan warga.
 
Disisi lain, sejumlah wisatawan yang berkunjung ke Tukad Cepung mengaku terkesima dengan keindahan alam yang ada ditempat tersebut. Sebab, sesepanjang perjalanan menuju Air Terjun Tukad Cepung, pengunjung bisa melihat keindahan tebing dengan bias sinar mataharinya yang sungguh memukau. “Pemandangannya sungguh fantastis,” ungkap Catherine, wisatawan asal Kanada saat ditemui dilokasi.
 
Kata dia, pintu masuk menuju air terjun seperti masuk menyusuri goa, karena keberadaan sungai tersebut diapit tebing yang terbentuk secara alami. Karena itu, tidak jarang para pengunjung mengabadikan setiap moment perjalanan mereka dengan berselfi ria. Dan diujung goa itu lah, air terjun setinggi lima belas meter yang keberadaannya kini menjadi incaran wistawan itu berada. ard

TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER