PPDB Online Diharapkan Bisa Memeratakan Jumlah Siswa di Tiap Sekolah

  • 24 Juni 2016
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 3557 Pengunjung
suaradewata

Tabanan, suaradewata.com – Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Tabanan I Putu Santika menegaskan, dengan diterapkannya sistem online dalam penerimaan perserta didik baru (PPDB) diharapkan bisa memeratakan jumlah siswa di masing-masing sekolah. Sebab menurutnya, hal itu menjadi salah satu tujuan diterapkkannya sistem online dalam PPDB tahun ini.

Hal itu ditegaskan Putu Santika pada Jumat (24/6/2016) di kantornya. Menurutnya, timpangnya jumlah siswa di tiap sekolah, bahkan ada yang terancam tutup karena tidak kebagian siswa, terjadi karena tingginya jumlah siswa yang mengincar sekolah favorit.

“Dengan PPDB online ini kita berharap jumlah siswa di masing-masing sekolah bisa merata dan sesuai dengan kuotanya,” ujar Santika.

Kendati demikian, Santika juga tidak menjamin jumlah siswa yang diperoleh masing-masing sekolah bisa merata sesuai dengan yang diharapkan banyak pihak. Sebab itu kembali pada internal sekolah selaku penerima peserta didik baru, terutama dari sisi reputasi akademis dan prestasinya selama ini.

“Kita sudah berupaya supaya siswa tidak mebludak di sekolah favorit. Sekarang tergantung layanan di masing-masing sekolah. Prestasi dan reputasi akademisnya,” ungkapnya.

Menurutnya, persoalan itu karena dilatarbelakangi persaingan masing-masing sekolah. “Idealnya sekolah sekarang berusaha meningkatkan prestasinya sehingga bisa dilirik para siswa selaku peserta didik baru,” ungkapnya.

Selain itu, sambungnya, banyak siswa SMP yang pindah rayon keluar Kabupaten Tabanan dan diperkirakan mencapai dua ratusan siswa karena mencari yang favorit dan mengikuti orang tuanya.

Dibandingkan siswa SMP dari luar Kabupaten Tabanan yang mendaftar ke Tabanan diperkirakan mencapai puluhan siswa itu karena mengikuti orang tuanya yang tinggal di Tabanan. ang

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER