Gong Kebyar Wanita Tabanan Jadi Primadona

  • 17 Juni 2016
  • 00:00 WITA
  • Denpasar
  • Dibaca: 14246 Pengunjung
suaradewata

Denpasar, suaradewata.com - Parade Gong Kebyar Wanita Sanggar Priyambadha Citta Jro Subamia Duta Kabupaten Tabanan yang “bertarung” dengan Sekaa Gong Wanita Semara Ratih Desa Gulingan Kabupaten Badung, berhasil menjadi primadona dan mendapat apresiasi yang cukup tinggi dari ribuan penonton yang memadati panggung terbuka Ardha Candra, Taman Budaya-Denpasar, Kamis (16/6/2016) di ajang Pesta Kesenian Bali (PKB) ke XXXVIII.

Walaupun acara sempat molor beberapa jam karena hujan yang lebat mengguyur Kota Denpasar, sanggar yang dilatih oleh komposer muda I Gusti Nengah Hari Mahardika ini tampil dengan sangat baik, berhasil mengundang antusias dan tepuk tangan penonton. Salah satu tabuh yang dibawakan adalah Tabuh Kreasi yang berjudul “Gerombong Selem”.

Melihat dari jalinan melodi yang sangat indah, maka I Gusti Nengah Hari Mahardika atau yang sering disapa Gung Ngah ini mencoba mengkombinasikan unsur-unsur cerita dari daerahnya yang sebenarnya dengan alunan tabuh yang cukup apik dan energik, sehingga menjadi sebuah komposisi yang kreatif, dinamik dan inovatif yang bernuansa harmoni. Selain Gerombong Selem para wanita cantik dari Kabupaten Tabanan membawakan tabuh kreasi lainnya seperti Tri Pramana, Tari Gabor dan Tari Kreasi Mesatya.

Menurut penuturan salah satu penonton pada kesempatan tersebut, Komang Budiyasa (20) sangat terkesan dengan garapan tabuh dari sekaa gong Duta Tabanan ini, baik dari segi komposisi lagu maupun penampilan fisik para penabuh yang sangat cantik dan energik. Ia berharap keberadaan sekaa gong wanita harus selalu exist dan dapat dimulai dari lingkungan banjar di masing-masing daerah.aap


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER