Puluhan Mahasiswa Bule Ajarkan Bahasa Inggris ke Siswa SD di Terunyan

  • 31 Mei 2016
  • 00:00 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 4313 Pengunjung
suaradewata

Bangli, suaradewata.com – Untuk meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat di pelosok pedesaan di Bangli, puluhan mahasiswa dari luar negeri seperti Singapura, Malaysia, Belanda, dan berbagai negara lainnya diterjunkan. Salah satunya, di sekolah dasar (SD) yang ada di Desa Terunyan, Kintamani. Mahasiswa bule ini memberikan pembelajaran bahasa inggris untuk siswa di SD Bunut dan SDN 2 Puseh.

Mahasiswa yang tergabung dalam Yayasan My Home ini tampak serius memberikan pelajaran bahasa inggris. Guna memudahkan penyerapan bahasa inggris, mereka memadukan pembelajaran  dengan permainan. Seperti yang terlihat di SDN 2 Terunyan, anak-anak dari kelas 4,5 dan 6 tampak serius mengikuti pembelajaran tersebut. Mereka dengan penuh riang mengikuti arahan mahasiswa bule yang dipandu penerjemah.

Kasek SDN 2 Terunyan Wayan Suka Sail saat ditemui Senin (30/5/2016) menjelaskan kedatangan mahasiswa My Home itu ke sekolahnya tidak lepas dari jalinan kerja sama yang dilakoni pihak Desa Terunyan untuk meningkatkan kemampuan siswa  dalam pelajaran Bahasa Inggris. “Di sekolah kami memang Bahasa Inggris diajarkan ke siswa. Namun dengan berinteraksi langsung dengan mahasiswa asing seperti ini tentu akan mempercepat penguasaan anak-anak terhadap materi pelajaran tersebut,” jelasnya.

Sementara itu, Perbekel Desa Terunyan Wayan Arjana saat dikonfirmasi secara terpisah mengatakan bahwa puluhan mahasiswa My Home diterjunkan di SD Bunut dan SDN 2 Puseh. Untuk pembelajaran di SD Bunut telah berakhir tiga minggu lalu. Sementara di SDN 2  Puseh saat ini masih berlangsung. Dia menjelaskan, Desa Terunyan memang menjalin kerjasama dengan sebuah lembaga di Surabaya yakni UK PETRA. Nah, melalui merekalah, mahasiswa ini diterjunkan ke Desa yang terkenal ciri khas tata cara penguburan jenazah ini. “Kita di desa bersama dengan Bupati Bangli telah meneken MOu terkait hal ini,’’ujar dia.

Mengingat kerjasama tersebut dirasakan sangat positif, diharapkan jalinan kerjasama tersebut terus berlanjut mengingat Desa Terunyan sebagai salah satu desa wisata di Kabupaten Bangli. ard


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER