Para Siswa PAUD Unjuk Kebolehan Saat Karnaval

  • 20 Mei 2016
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 3179 Pengunjung
suaradewata

Tabanan, suaradewata.com – Para siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dari seluruh Kabupaten Tabanan unjuk kebolehannya dalam kegiatan Karnaval PAUD yang berlangsung pada Jumat sore (20/5). Anak-anak tersebut begitu antusias tampil. Bukan hanya di hadapan para orang tua dan gurunya saja. Tetapi di hadapan para pejabat di lingkungan Pemkab Tabanan serta masyarakat umum yang menyaksikan karnaval itu.

Sejumlah jenis kesenian mereka bawakan. Mulai dari tektekan, okokan, beberapa tarian tradisional Bali, drum band, sampai peragaan busana berbagai jenis profesi dengan tema sentralnya adalah Kebhinekaan Indonesia.

Mereka unjuk kebolehannya pada tempat pertunjukan yakni di halaman depan Kantor Bupati Tabanan. Itupun setelah menyusuri rute yang mengambil start di depan Taman Makam Pahlawan (TMP) Pancaka Tirta.

Kepala Seksi PAUD Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikmudora) Kabupaten Tabanan Ni Komang Tri Ayuningsih menjelaskan, karnaval ini merupakan wadah bagi para siswa PAUD dalam mengekspresikan diri. Terlebih setiap tahunnya, masing-masing PAUD memiliki kegiatan ekstrakurikuler.

"Kami berusaha memberikan wadah dalam bentuk kegiatan ini. Dan, kegiatan ini sebetulnya rutin digelar setiap tahunnya," jelas Tri Ayuningsih seraya menjelaskan bahwa karnaval itu juga sebagai salah satu rangkaian peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang jatuh kemarin serta Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada 2 Mei lalu.

Kegiatan karnaval ini, sambungnya, juga sebagai media untuk mengasah kecerdasan anak-anak. Karena secara teori, usia 2 sampai 4 tahun merupakan masa keemasan bagi perkembangan kecerdasan anak-anak. "Di masa ini, 80 persen kecerdasan anak-anak sedang berkembang," imbuhnya.

Karnaval tahun ini diikuti oleh 27 PAUD yang ada di Kecamatan Tabanan. Kemudian sebanyak 10 PAUD yang menjadi perwakilan masing-masing kecamatan di Kabupaten Tabanan.(hai)


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER