Tak Kantongi Ijin, Polres Bangli Sita Burung Kakaktua Jambul Kuning

  • 09 Mei 2016
  • 00:00 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 4364 Pengunjung
suaradewata.com

Bangli, suaradewata.com Lantaran tak mengantongi dokumen atau  ijin penangkaran, Polres Bangli menyita seekor satwa langka berupa burung Kakaktua putih jambul kuning dari seoarang warga yang beralamat di jalan Brigjend Ngurah Rai, Bangli.  Selain mengamankan satwa yang dilindungi tersebut, polisi juga memanggil pemiliknya berinisial ISM (46) asal Jawa, yang profesi sebagai wiraswasta untuk dimintai keterangan.

Kasatreskrim Polres Bangli, AKP. Yana Jaya Widya didampingi KBO Reskrim Iptu. I Ketut Purnawan saat dikonfirmasi Senin (09/05/2016), membenarkan pihaknya melakukan penyitaan satwa langka tersebut. “Berkat informasi masyarakat, anggota kita melakukan penyelidikan dan berhasil mengamankan seekor burung Kakaktua putih jambul kuning dari rumah salah seoarang warga yang beralamat di kota Bangli,” tegasnya.    

Dijelaskan, burung yang pintar menirukan sejumlah kata manusia tersebut, sejatinya telah dipelihara cukup lama oleh pemiliknya. “Namun setelah kita panggil dan periksa, yang bersangkutan tidak mempunyai ijin penangkaran satwa yang dilindungi tersebut,” jelas AKP. Yana Jaya Widya sembari menyatakan pengungkapan kasus tersebut sejatinya telah dilakukan pada Rabu (4/05). “Untuk perawatannya, saat ini satwa tersebut sudah kita titipkan ke KSDA,” imbuhnya.

Atas kasus tersebut, pemilik terancam dijerat melanggar  pasal 40 ayat (2) UURI no. 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) hayati dan mineral dengan ancaman pidana kurungan 5 tahun penjara dan denda seratus juta rupiah. ard


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER