Warga Desa Tegak Paceklik Air Bersih

  • 11 April 2016
  • 00:00 WITA
  • Klungkung
  • Dibaca: 3648 Pengunjung
suaradewata.com

Klungkung, suaradewata.com - Dua hari belakangan ini Warga Desa Tegak, Klungkung kesulitan mencari air bersih. Hal ini disebabkan terjadi kerusakan jaringan PDAM Klungkung yang berada di wilayah Rendang, Karangasem. Walhasil distribusi pasokan air bersih ke sejumlah desa tersendat. Senin (11/4) siang, pihak BPBD dan PDAM Klungkung melakukan suplai air bersih secara gratis kesejumlah warga disana. Pendistribusian air ini disambut antusias ratusan warga yang sudah mengantri dengan membawa Dirigen, galon dan ember.

BPBD dan PDAM Klungkung mendistribusikan air bersih masing-masing satu mobil tanki berkapasitas 5.000 liter. Bahkan terik matahari tidak menghalangi warga dan saling berdesakan untuk mendapatkan pasokan air. Dengan alat seadanya seperti ember, dan galon mereka berusaha menampung air bersih.“Air ngadat sejak dua hari lalu,” ujar Perbekel Desa Tegak I Ketut Sujana.

Lanjutnya, krisis air dialami 5 Banjar di wilayah mereka, yakni Banjar Kauh, Banjar Kangin, Banjar Kelod Kangin, Banjar Tengah dan Banjar Tengah. Dengan jumlah warga mencapai hingga 1.000 kepala keluarga (KK). Untuk sementara warga terpaksa mencari air ke beberapa sumber air yang di Desa, yang berjarak sekitar 1 kilometer. Itupun jalan yang ditempuh cukup terjal. 
Tidak hanya itu, tambahnya Telabah Cangkem di Desa Tegak yang selama ini menjadi alternatif warga untuk melakukan MCK kondisinya sudah mengering sejak empat bulan lalu, karena ada perbaikan di hulu.

Sementara Sekertaris BPBD Klungkung Dewa Gede Wisasta alias Dewa Bima ditemui disela-sela mendistribusikan air di Desa Tegak mengatakan. Selain mendistribusikan air ke Desa Tegak, pada April 2016 ini, BPBD juga sudah turun mendistribusikan air bersih ke Bukit Tengah, Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Klungkung pada Jumat (8/4). Bahkan dilakukan sebanyak tiga kali dengan mobil tanki berkasitas 5.000 liter. Krisis air di Bukit Tengah lebbih disebabkan kekeringan. “Belakangan ini memang jarang turun hujan, jika ada yang mohon bantuan air kami siap membantu,” jelas Dewa Bima.jul


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER