Penjor Merah Putih Hiasi Wajah Kota

  • 04 April 2016
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 3454 Pengunjung
suaradewata.com

Gianyar, suaradewata.com -Seperti tahun-tahun sebelumnya, menyongsong HUT Kota Gianyar ke-245 yang jatuh pada tanggal 19 April 2016, dilaksanakan lomba Penjor Merah Putih yang diikuti seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Lingkungan Pemkab. Gianyar, camat se-Kabupaten Gianyar dan instansi vertikal. Tahun ini, puluhan Penjor hias akan nyejer (dipasang) selama satu bulan, dari 1 April – 4 Mei 2016. Pemasangan penjor akan mengambil lokasi di depan Puri Gianyar dan lapangan Astina Gianyar.

Lomba Penjor Merah Putih ini merupakan wujud dalam menyemarakkan peringatan HUT Kota Gianyar Tahun 2016. Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya, baik saat peringatan hari-hari besar seperti HUT Kemerdekaan dan HUT Kota Gianyar seperti saat ini. Pelaksanaan Lomba Penjor diharapkan mampu memberikan kemeriahan yang dapat dirasakan seluruh lapisan masyarakat Gianyar. 

Ketua Seksi Lomba Penjor Merah Putih, I Gede Astawa mengatakan, lomba penjor diikuti oleh Kodim 1616 Gianyar, Yonzipur 18/YKR, Polres Gianyar, Pengadilan Negeri Gianyar, Kejaksaan Negeri, semua Badan, Dinas, Instansi, Bagian, Kantor, Unit, BUMD, Camat, dan Lurah Se- Kabupaten Gianyar. Setiap peserta lomba diwajibkan mengeluarkan 1 penjor dengan ketentuan bahan penjor yang sudah jadi dirakit di tempat yang telah ditentukan panitia, sedangkan jumlah peserta sebanyak 4 sampai 10 orang.

“Penilaian sudah dilaksanakan mulai merakit sampai pemasangan penjor pada 1 April 2016 oleh tim penilai, unsur yang dinilai meliputi kreativitas, bentuk, estetika, kebersamaan dan bernuansa merah putih.” terang Gede Astawa.

Gede Astawa menambahkan, berbeda dengan tahun sebelumnya dimana tinggi penjor yang mencapai 10 meter, kini diperkecil menjadi 7 meter dari atas tanah ditambah panjang tanam dengan garis tengah bambu penjor minimal 7 cm. Hal ini bertujuan agar tidak menyulitkan peserta membawa serta memasang penjor.

Persamaannya dari tahun sebelumnya, hiasan penjor seindah-indahnya sesuai kreasi peserta, keserasian, menggunakan bahan  atau sampian penjor dari bahan lontar, tidak dilengkapi dengan canang, pala bungkah, pala gantung, sanggah penjor dan rerasmen lainnya sesuai upacara.

Pemenang lomba akan menerima trofi, piagam dan uang tunai. Untuk juara 1 berhak menerima Rp. 5 juta, juara 2 sebesar Rp. 4 juta, juara 3 sebesar Rp. 3 juta dan tiga penjor yang meraih juara harapan, masing-masing menerima sebesar Rp. 1 juta.

Seperti diketahui, pemasangan penjor hias merah putih setiap perhelatan HUT Kota Gianyar  menjadikan wajah Kota Gianyar semarak dan menjadi pemandangan menarik pengguna jalan, bahkan tidak sedikit wisatawan yang mengabadikan lewat kamera. Penjor hias bernuansa merah putih ini juga mencerminkan Gianyar  sebagai daerah seni dan budaya.gus


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER