Cegah Flu Burung, Dinas PPK Gencar Spraying

  • 29 Maret 2016
  • 00:00 WITA
  • Klungkung
  • Dibaca: 3518 Pengunjung
suaradewata.com

Klungkung, suaradewata.com - Antisipasi penyebaran wabah flu burung petugas dari Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan gencar melakukan penyemprotan. Aksi penyemprotan cairan desinfektan ini dilakukan dengan menyasar sejumlah pasar hewan di Klungkung. Seperti yang terlihat di pasar Galiran, Selasa (29) pagi.

Sejumlah petugas diturunkan dengan menyasar kandang transit milik pedagang dan selokan pembuangan limbah unggas.

Kepala Bidang Kesehatan (Kabid Keswan) Dinas PPK Klungkung, Anak Agung Raka Arnawa, menjelaskan sedikitnya lima petugas dikerahkan. Tim ini secara rutin akan melakukan penyemprotan setiap seminggu sekali. “Daerah lain seperti pulau jawa flu burung sudah merebak, kita sebagai pulau tetangga harus antisipasi pencegahan melalui spraying,’’ tuturnya.

lanjutnya, penyemprotan unggas areal pasar memang dilakukan setiap seminggu sekali, dengan menyasar para peternak yang tersebar di Kabupaten Klungkung. Hal itu untuk mencagah merebaknya penyakit flu burung, meskipun dalam tiga tahun terkahir di Kabupaten Klungkung nihil kasus flu burung. Hanya saja kasus ini, memang sempat booming pada 2012 lalu. “Kita telah melakukan ters darah uanggas di sejumlah peternak dan hasilnya negatif,” tegasnya.

Dijelaskannya beberapa tahun terakhir pernah ditemukan kasusu uanggas yang mati mendadak. Namun setelah dilakukan pengecekan dengan rapid test, kebanyakan ayam tersebut terserang penyakit newcastle disease (ND) atau dikenal dengan penyakit tetelo. “Sebaiknya masyarakat tidak mengkonsumsi unggas yang mati karena sakit,” ujarnya.

Banyak ciri-ciri ayam yang terserang flu burung biasanya akan muncul warga kebiruran pada jengger, tidak mau makan, pada bagian paha dan dada muncul bercak kemerahan dan sebagainya.jul


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER