Tingkatkan Kualitas Guru Lewat Karya Ilmiah

  • 05 Maret 2016
  • 00:00 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 3760 Pengunjung

Buleleng, suaradewata.com – Untuk meningkatkan kualitas guru di Kabupaten Buleleng, pihak Dinas Pendidikan setempat melakukan pelatihan serta seminar terkait penelitian tindakan kelas (PTK), Sabtu (5/3). Pelatihan tersebut di ikuti Kepala Sekolah dan beberapa klasifikasi guru seperti Penjasorkes, guru kelas, dan guru agama Hindu.

Tujuan dilakukannya seminar ini untuk kembali melatih dan menggali potensi guru dalam pembuatan karya ilmiah PTK. Dengan kualitas yang baik tentu diharpa kedepannya guru yang ada bisa jauh lebih memahami teknik PTK. Acara ini juga “Sekaligus menekankan pada peningkatan kualias guru dalam penyusuan sebuah karya ilmiah untuk diterapkan ke sekolah masing-masing,” ujar Ketua Panitia pelatihan dan seminar PTK, I Made Widana

Pelatihan yang dilakukan oleh pihak dinas diikuti oleh sejumlah guru yang ada di tiga kecamatan bumi Panji Sakti masing-masing yakni Kecamatan Buleleng, Sukasada, dan Sawan. Menurut Widana, pelatihan tersebut dilangsungkan selama 3 hari sejak tanggal 5 Maret 2016 dengan mengambil tempat di aula UPP Kecamatan Buleleng yang terletak di wilayah Kelurahan Kaliuntu, Kota Singaraja.

Menurut Widana, kegiatan tersebut merupakan penerapan dari Peraturan Menteri nomor 35 tahun 2010 tentang petunjuk teknis pelaksanaan jabatan fungsional guru dan angka kreditnya.

Dimana, lanjutnya, akan diperjelas kembali sesuai Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang berisikan beberapa bagian penting yakni salah satunya adalah presentasi pada forum ilmiah.

Beberapa hal penting yang masuk menjadi publikasi ilmiah yang menjadi faktor peningkatan kredit antara lain Lokakarya, Diskusi Panel, Musyawarah Kerja Guru, Seminar, semiloka dan persentasi ilmiah.

Hal senada disampaikan Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Buleleng, I Made Ngadeng yang turut hadir dalam acara tersebut. Menurutnya, kegiatan dalam upaya peningkatan kualitas guru di Kabupaten Buleleng tersebut merupakan salah satu kredit poin yang harus dilewati guru pengajar dan pengawas.

Hal tersebut juga berfungsi sebagai suatu persyaratan untuk proses kenaikan pangkat serta penilaian terhadap kualitas wawasan serta kedepannya merupakan peningkatan kesejahteraan guru.

“Ini menjadi salah satu wujud upaya untuk membangun kualitas pendidikan yang sangat penting untuk dimiliki oleh seorang guru. Selain itu, merupakan bentuk langkah nyaata membangun kualitas pendidikan di Kabupaten Buleleng. Untuk membangun kualitas yang bagus, tentu perlu dilatih serta ditelitiuntuk ke tetap mampu melakukan terobosan serta inovasi baru di bidang pendidikan. adi


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER